Penulis Utama : Revit Jayanti S
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S571902012
Tahun : 2023
Judul : Keefektifan Brief Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) Untuk Menurunkan Distres Caregiver Informal Skizofrenia
Edisi :
Imprint : Solo - Fak. Kedokteran - 2023
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang: Caregiver informal skizofrenia adalah orang yang memberikan bantuan kepada tigaperempat kebutuhan dari pasien skizofrenia tanpa dibayar dan diberikan pelatihan sebelumnya sehingga rentan akan terjadinya kondisi distres. Brief Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) merupakan salah satu bagian dari metode mindfulness yang dilakukan secara berkelompok, terstruktur, terjadual yang mampu memberikan jeda antara stresor dan respons otomatis yang ditimbulkannya. Metode ini diharapkan dapat menurunkan kondisi distres seorang caregiver informal skizofrenia.

 

Tujuan:  penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan Brief MBSR untuk menurunkan distres caregiver informal skizofrenia.

 

Metode: Penelitian eksperimental dengan rancangan quasi eksperimental pre test – post test control group design di Poli Rawat Jalan RSJD Dr. Arif Zainudin Surakarta bulan September-Oktober 2022. Sebanyak 22 subjek penelitian dibagi menjadi kelompok perlakuan yang diberikan intervensi brief MBSR dan kelompok kontrol yang diberikan psikoedukasi.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok perlakuan terjadi penurunan skor PSS-10 rata-rata sebesar -7.09 ±1.51 atau sebesar -36,1%, dan penurunan tersebut signifikan secara statistik dengan nilai p=<0>

Kesimpulan: Brief MBSR efektif dalam menurunkan distres caregiver informal skizofrenia.

 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HASIL TESIS BAB III.pdf
HASIL TESIS BAB II.pdf
HASIL TESIS BAB 1.pdf
HASIL TESIS BAB IV.pdf
HASIL TESIS BAB V.pdf
HASIL TESIS COVER - cover dan dapus.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. dr. Aris Sudiyanto, Sp.KJ (K)
2. dr. Wahyu Nur Ambarwati, Sp.KJ., M. Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran