Penulis Utama : Irfan Deny Oktavian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121908021
Tahun : 2023
Judul : HUBUNGAN KELINCAHAN, KECEPATAN, KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN DINAMIS DENGAN HASIL KETEPATAN TENDANGAN MAWASHI GERI DALAM KARATE
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2023
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini untuk menguji Bersama-sama hubungan kelincahan, kecepatan, kekuatan otot tungkai dan keseimbangan dinamis dengan hasil ketepatan tendangan mawashi geri pada cabang olahraga karate FORKI Wonogiri.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional. Objek penelitian ini adalah atlet perempuan FORKI Wonogiri. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling dengan jumlah populasi 97 atlet karate perempuan dan sampel 60 atlet karate perempuan berusia 12-18 tahun. Instrumen penelitian menggunakan tes shuttle run (kelincahan), tes lari 40 meter (kecepatan), tes leg dynamometer (kekuatan otot tungkai), modified bass test (keseimbangan dinamis), serta tes ketepatan mengggunakan samsak (tendangan mawashi geri).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada kelincahan, kecepatan, kekuatan otot tungkai, dan keseimbangan dinamis dengan persentase 60?n nilai koefisien 0,874 pada ketepatan tendangan mawashi geri pada atlet perempuan FORKI Wonogiri. Dapat di simpulan  ketepatan tendangan mawashi geri dapat berhasil dengan baik, maka seorang senpai atau pelatih hendaknya memberikan latihan-latihan melalui gerakan-gerakan yang dapat meningkatkan kelincahan, kecepatan, kekuatan otot tungkai, dan keseimbangan dinamis melakukan latihan tersebut secara terjadwal atau rutin sehingga dapat meningkatkan stamina dan prestasi olahraga karate menjadi lebih baik.

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Dokumen Karya Dosen : -
Link DOI : https://doi.org/10.47191/ijmra/v5-i9-17
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. Rony Syaifullah, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum : Jurnal internasional copernicus
Fakultas : Fak. Keolahragaan