Penulis Utama : Fauzan Rifa`i
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0118055
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS DEBIT REMBESAN PADA SUMUR RESAPAN DENGAN VARIASI DIAMETER MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOSTUDIO
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2023
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Fauzan Rifa’i, 2022. Analisis Debit Rembesan pada Sumur Resapan dengan Variasi Diameter Menggunakan Software Geostudio. Skripsi, Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta 
Pertumbuhan penduduk yang pesat dan pembangunan infrastruktur  yang cepat mengakibatkan perubahan tata guna lahan seperti lahan terbuka yang beralih fungsi menjadi menjadi daerah pemukiman dan daerah industri. Dampak dari perubahan tata guna lahan adalah menurunnya air yang meresap kedalam tanah dan meningkatkan aliran permukaan. Upaya untuk mengatasi kekurangan lahan resapan yaitu dengan pembuatan sumur resapan. Sumur resapan berfungsi untuk menampung air hujan dan mengalirkannya ke dalam tanah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis debit rembesan pada sumur resapan dan untuk mengetahui pengaruh diameter terhadap debit rembesan menggunakan aplikasi GeoStudio.
Penelitian ini menganalisis debit rembesan menggunakan aplikasi GeoStudio model SEEP/W. Hasil yang didapat akan dibandingkan dengan perhitungan konvensional menggunakan teori Darcy. Pemodelan sumur resapan dilakukan pada 2 jenis tanah yaitu tanah lempung berlanau dan pasir berlanau dengan 6 variasi diameter. Interpretasi hasil analisis disajikan dalam grafik hubungan antara diameter (m) dan debit rembesan (m3/s).
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai diameter mempengaruhi besarnya nilai debit rembesan. Nilai  debit rembesan akan semakin besar seiring bertambahnya nilai diameter. Perbandingan nilai debit rembesan pada analisis perhitungan konvensional memiliki selisih yang sedikit dengan analisis software GeoStudio. Nilai debit rembesan dengan perhitungan konvensional dan analisis software Geostudio pada tanah lempung berlanau memiliki selisih antara 0,001 % sampai 0,005 %, sedangkan pada tanah pasir berlanau memiliki selisih  0,0034 %. Hal ini menunjukan hasil analisis software Geostudio memiliki nilai yang hampir sama dengan hasil analisis perhitungan konvensional teori Darcy.
Kata kunci : debit rembesan, diameter, sumur resapan, geostudio.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
halaman cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bambang Setiawan, S.T., M.T.
2. Dr. Galuh Chrismaningwang, S.T. M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik