Penulis Utama : Elvie Aulia Husna Deima
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8318008
Tahun : 2021
Judul : Peningkatan Kualitas Madu Rakyat untuk Memenuhi Standar Kadar Air Sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-I8318008
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pada dasarnya madu memiliki kadar air yang rendah, dikarenakan Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kelembaban udara yang tinggi sehingga madu memiliki kadar air yang tinggi. Jika madu memiliki kadar air yang tinggi maka akan merangsang aktifitas khamir untuk tumbuh dan berkembang dalam madu sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada madu itu sendiri.
Melihat keadaan seperti ini perlu dilakukan pencegahan agar dapat mengurangi kadar air pada madu, salah satu cara ialah proses dehumidifikasi. Proses dehumidifikasi sederhana dilakukan dengan 2 metode, yaitu metode alamiah dan metode paksaan. Metode alamiah dilakukan di dalam ruangan dengan tujuan untuk menjaga kestabilan temperatur ruangan dan metode alamiah diluar ruangan menggunakan angin lingkungan sekitar. Metode paksaan dilakukan dengan perlakuan di dalam ruangan menggunakan kipas angin,
Dalam pengujian awal yang telah dilakukan terdapat sampel madu dengan parameter uji tidak memenuhi standar baku mutu sesuai dengan SNI yaitu kadar air, kadar abu, padatan tak larut, dan cemaran mikroba kapang dan khamir.
Pada pengujian kadar air menggunakan metode dehumidifiksi alamiah, semakin tinggi jarak antara lubang dan wadah penampung madu maka semakin pendek waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan kadar air pada madu. Sedangkan, pengujian kadar air menggunakan metode dehumidifiksi paksaan, semakin besar kecepatan angin maka semakin pendek waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan kadar air pada madu.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ari Diana Susanti, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi