Penulis Utama : Fakhrunnisa Cahya Afifi
NIM / NIP : K1317023
×

Tujuan dari penelitian untuk: (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran ARGO pada materi bangun ruang sisi datar; (2) mengetahui kevalidan media pembelajaran ARGO pada materi bangun ruang sisi datar; (3) mengetahui kepraktisan media pembelajaran ARGO pada materi bangun ruang sisi datar; (4) mengetahui keefektifan media pembelajaran ARGO pada materi bangun ruang sisi datar.
Jenis dari penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri atas tahap Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen-instrumen yang digunakan adalah angket penilaian ahli materi, ahli media untuk mengetahui tingkat kevalidan ARGO, angket respon pengguna mengetahui tingkat kepraktisan ARGO, dan tes hasil belajar untuk mengetahui keefektifan ARGO. Kevalidan dan kepraktisan media ditentukan berdasar kriteria penilaian dari skor angket. Keefektifan media ditentukan berdasar hasil uji-t dari nilai tes kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran ARGO yang diimplementasikan pada 32 siswa kelas VIIID SMP N 3 Batang tahun pelajaran 2020/2021. Hasil analisis instrumen-instrumen penelitian menunjukkan bahwa ARGO valid digunakan pada pembelajaran dengan rerata hasil penilaian oleh ahli materi 3,72 termasuk pada kriteria sangat baik. Hasil penilaian kevalidan oleh ahli media mendapatkan rerata skor 3,63 termasuk pada kriteria sangat baik. ARGO praktis digunakan dalam pembelajaran matematika SMP materi bangun ruang sisi datar. Hal ini ditunjukkan melalui hasil penilaian angket respon pengguna oleh guru yang memperoleh rerata skor 4 termasuk kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian angket respon pengguna oleh siswa, diperoleh rerata penilaian 3,45 termasuk kriteria sangat baik. Untuk mengetahui keefektifan ARGO dilakukan tes hasil belajar dan melalui uji-t didapatkan t = 1,776 anggota DK = {t?t>t_(0,05;62)=1,669}. Hal ini menunjukkan rerata nilai siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari rerata nilai siswa pada kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ARGO valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika SMP materi bangun ruang sisi datar.

×
Penulis Utama : Fakhrunnisa Cahya Afifi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1317023
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Argo (Augmented Reality of Geometric Objects) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 3 Batang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1317023
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si, M.Pd
2. Yemi Kuswardi, S.Si., M.Pd
Penguji : 1. Dr. Triyanto, M.Si
2. Dr. Laila Fitriana, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.