Penulis Utama : Hanin Marwah Nurkhoirani
NIM / NIP : B0218023
×

Hanin Marwah Nurkhoirani. B0218023. 2022. Perempuan dalam Film Tanpa Dialog Another Trip to the Moon (2015) Karya Ismail Basbeth. Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Penelitian ini berisi analisis mengenai perempuan yang dihadirkan pengarang laki-laki dalam film tanpa dialog berjudul Another Trip to the Moon (2015) karya Ismail Basbeth dari sudut pandang feminisme. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini meliputi (1) seperti apa representasi perempuan di dalam film Another Trip to the Moon (2015) karya Ismail Basbeth (2) seperti apa latar ideologis Ismail Basbeth selaku pengarang film Another Trip to the Moon (2015) dan (3) bagaimana Ismail Basbeth sebagai pengarang laki-laki membangun keberadaan perempuan dalam film Another Trip to the Moon (2015). 
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang memiliki objek material berupa film tanpa dialog berjudul Another Trip to the Moon (2015) karya Ismail Basbeth serta objek formal berupa wujud representasi perempuan yang dihadirkan Ismail Basbeth dalam filmnya. Data primer pada penelitian ini berupa adegan dalam sekuen film, alur cerita, citra perempuan, gagasan pengarang serta wacana feminisme dalam film Another Trip to the Moon (2015) yang menunjukkan perempuan yang ditampilkan Ismail Basbeth dalam filmnya. Selanjutnya, data sekunder dalam penelitian ini berupa konsep-konsep mengenai subjektivitas perempuan yang menunjang fokus penelitian. Berdasarkan hal tersebut, sumber data primer penelitian ini adalah film Another Trip to the Moon (2015) karya Ismail Basbeth. Sumber data sekunder penelitian ini berasal dari buku, jurnal, artikel, atau berita yang membahas mengenai film tersebut serta beragam wacana feminis. Data-data yang digunakan pada penelitian ini dikumpulkan untuk dianalisis menggunakan kacamata feminis.
Hasil penelitian ini meliputi wujud representasi perempuan dalam film Another Trip to the Moon (2015) karya Ismail Basbeth berupa domestifikasi perempuan, independensi perempuan sebagai upaya resistensi, dan monsterisasi perempuan. Ismail Basbeth sebagai seorang pengarang laki-laki masih banyak memproyeksikan ciri patriarki dalam membangun perempuan-perempuan di dalam karyanya. Ismail Basbeth dengan ideologi feminisme sosialisnya berusaha menyampaikan pesan melalui tokoh-tokoh perempuan dalam karya-karyanya, khususnya film Another Trip to the Moon (2015) sebagai simbol perlawanan dalam memperjuangkan keadilan bagi perempuan.
Kata kunci: representasi perempuan, feminisme, latar ideologis, Ismail Basbeth

 

×
Penulis Utama : Hanin Marwah Nurkhoirani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0218023
Tahun : 2023
Judul : Perempuan dalam Film Tanpa Dialog "Another Trip to the Moon" (2015) Karya Ismail Basbeth
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: representasi perempuan, feminisme, latar ideologis, Ismail Basbeth
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dwi Susanto, M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Dwi Susanto, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.