Penulis Utama : Afandi Dwi Harmoko
NIM / NIP : S511808001
×

Afandi Dwi Harmoko, S511808001, 2022. Korelasi Antara Penilaian Deformitas Ventrikel Kiri Menggunakan Ekokardiografi Transtorakal-Global Longitudinal Strain dan CT-Derived 3D Strain pada Pasien Sindrom Koroner Kronis. Tesis. Pembimbing I: Habibie Arifianto, dr., Sp.JP(K), M.Kes, FIHA. Pembimbing II: Niniek Purwaningtyas, dr., SpJP(K), FIHA. Program Pendidikan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Latar Belakang: Pengukuran strain miokard menggunakan ekokardiografi transtorakal (TTE) merupakan metode untuk mengidentifikasi deformasi miokard. Pengukuran strain digunakan berbagai penggunaan klinis, misalnya untuk mengetahui kerusakan miokard subklinis, menentukan waktu yang tepat untuk melakukan operasi katup pada regurgitasi mitral berat, memprediksi kejadian kardiovaskular, serta prognosis pada pasien gagal jantung kronis. Namun, ada beberapa keterbatasan pengukuran strain menggunakan TTE. Baru-baru ini, dikembangkan penilaian strain menggunakan CT-Cardiac dalam berbagai kasus jantung.
Tujuan: Untuk mengetahui korelasi antara penilaian deformitas ventrikel kiri dengan menggunakan TTE-GLS dan CT-Derived 3D Strain pada pasien dengan sindrom koroner kronis.
Metode: Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan desain potong lintang yang dilakukan pada bulan September sampai Oktober 202 terhadap pasien sindrom koroner kronis yang menjalani pemeriksaan CTA di RS UNS. Pasien yang memenuhi kriteria dilakukan pemeriksaan TTE-GLS pada hari yang sama. Untuk mengetahui korelasi antara penilaian deformitas ventrikel kiri dengan menggunakan TTE-GLS dan CT-Derived 3D Strain pada pasien dengan sindrom koroner kronis dilakukan uji korelasi Product Moment Pearson jika distribusi data normal, jika distribusi data tidak normal digunakan analisis statistik Rank Spearman. Selain itu, variable-variabel penelitian lain juga dilakukan pengujian statistic untuk mengetahui hubungan dengan variabel utama.
Hasil: Penelitian ini melibatkan 10 pasien sindrom koroner kronis. Hasil analisis korelasi Product Moment Pearson antara variabel nilai strain ventrikel kiri dengan TTE-GLS dan CT-Derived 3D Strain menghasilkan nilai korelasi r = 0,916 dengan signifikansi sebesar p < 0 xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: Terdapat korelasi antara penilaian deformitas ventrikel kiri dengan menggunakan TTE-GLS dan CT-Derived 3D Strain pada pasien dengan sindrom koroner kronis

×
Penulis Utama : Afandi Dwi Harmoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S511808001
Tahun : 2023
Judul : KORELASI ANTARA PENILAIAN DEFORMITAS VENTRIKEL KIRI MENGGUNAKAN EKOKARDIOGRAFI TRANSTORAKAL-GLOBAL LONGITUDINAL STRAIN DAN CT-DERIVED 3D STRAIN PADA PASIEN SINDROM KORONER KRONIS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2023
Program Studi : PPDS Jantung dan Pembuluh Darah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : sindrom koroner kronis, strain ventrikel kiri, TTE-GLS, CT-Derived 3D Strain
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. dr Habibie Arifianto, Sp.JP(K), M.Kes, FIHA
2. dr. Niniek Purwaningtyas, SpJP(K), FIHA
Penguji : 1. dr. Heru Sulastomo, SpJP(K), FIHA
2. dr. Ahmad Yasa’, SpJP(K), M.Kes, FIHA
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.