Penulis Utama : Annisa Prima Apriliani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M358006
Tahun : 2021
Judul : Evaluasi Rasionalitas Penggunaan Obat Antihipertensi pada Pasien Hipertensi Primer di Puskesmas Colomadu I Periode Januari-Desember 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-M358006
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Hipertensi merupakan keadaan tekanan darah mengalami peningkatan. Pasien di Puskesmas Colomadu I cukup banyak yang menderita hipertensi. Penggunaan obat yang rasional sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan terapi agar pelaksanaan terapi dapat berjalan optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rasionalitan penggunaan obat antihipertensi pada pasien hipertensi primer di Puskesmas Colomadu I dengan membandingkan dengan Joint NationalCommite 8.
Penelitian ini adalah studi Observasional (non eksperimental) dengan pengambilan data secara prospektif menggunakan data retrospektif berupa data rekam medik pasien hipertensi primer dengan kategori usia 18-65 tahun yang merupakan pasien Puskesmas Colomadu I periode Januari – Desember 2020. Sampel yang dianalisis adalah 102 rekam medis hipertensi dari 198 rekam medis. Rasionalitas penggunaan obat dalam penelitian ini meliputi tepat obat, tepat indikasi dan tepat dosis.
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan obat yang sering digunakan untuk terapi hipertensi yaitu amlodipine sebesar 42?n captopril sebesar 33%.Rasionalitas penggunaan antihipertensi di Puskesma Colomadu I tahun 2020 sebagai berikut tepat indikasi (100%), tepat Obat (100%), tepat pasien (96%), dan tepat dosis (100%).

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anif Nur Artanti., S. Farm., M. Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi