Penulis Utama : Sri Haryono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T861608003
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Jump Power Meter (JPM) Sebagai Alat Pengukur Power Tungkai Berbasis Sistem Digital Terintegrasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2023
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk alat Jump Power Meter (JPM). Tujuan penelitian untuk menganalisis kebutuhan instrumen tes, merancang model JPM, menguji kelayakan dan keefektifan JPM berbasis sistem digital terintegrasi yang dikembangkan sebagai alat untuk mengukur power tungkai.

          Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan dengan pendekatan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah: 1) pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) penyempurnaan produk dan revisi, 8) uji pelaksanaan lapangan, 9) penyempurnaan produk dan revisi akhir, dan 10) desiminasi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, analisis dokumen kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan statistik product moment Pearson, Aiken V dan analisis persentase.

         Hasil penelitian; 1) Pengembangan instrumen vertical jump sebagai alat ukur power tungkai yang lebih efektif sangat penting dan sangat dibutuhkan ketersediaannya. 2) Rancangan model JPM berbasis sistem digital terintegrasi adalah seperangkat elektronik dan mekanik yang merupakan kesatuan dari main box controller sebagai pusat sistem elektronik dan plateform sebagai landasan meloncat sekaligus alat untuk mengukur berat badan yang dihubungkan dengan kabel sebagai penghantar data. Data diproses secara terintegrasi untuk menghasilkan data berat badan, tinggi loncatan, waktu loncatan, power (kg.m/sec) dan power (watts) yang ditampilkan melalui display, 3) Hasil uji kelayakan dari penilaian 5 ahli diperoleh nilai Aiken V sebesar 0.81-1.00 yang berarti JPM memiliki validitas isi yang tinggi. Hasil penilaian kelayakan oleh atlet 83.6 % (sangat layak), dan penilaian pelatih 85.15 % (sangat layak. 4) Uji efektivitas baik dengan ayunan (DA) dan tanpa ayunan (TA) lengan diketahui; hasil uji skala kecil diperoleh validitas 0.69 dan 0.77. Hasil uji skala besar 1 dibandingkan hasil pengukuran dengan Vertical Jump Test diperoleh validitas 0,92 dan 0.93. Dibandingkan dengan Jump DF diperoleh validitas 0,93 dan 0.94 dengan koefisien reliabilitas 0,99 dan 0.98. Hasil uji skala besar 2 dibandingkan hasil pengukuran dengan Vertical Jump Test diperoleh validitas 0,99 dan dibandingkan dengan Jump DF diperoleh validitas 0,93 dan 0.94 dengan reliabilitas 0,98.

         Simpulan penelitian bahwa JPM berbasis digital terintegrasi memiliki kelayakan berdasarkan penilaian ahli, atlet dan pelatih serta memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi, sehingga JPM menjadi instrumen yang akurat, tepat dan modern yang dapat digunakan dalam pengukuran power tungkai atlet.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Sri Haryono IOR S3_Halaman Cover.pdf
Sri Haryono IOR S3_Bab 1.pdf
Sri Haryono IOR S3_Bab 2.pdf
Sri Haryono IOR S3_Bab 3.pdf
Sri Haryono IOR S3_Bab 4.pdf
Sri Haryono IOR S3_Bab 5.pdf
Sri Haryono IOR S3_Daftar Pustaka.pdf
Sri Haryono IOR S3_Lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
3. Dr. Eng. Risa Suryana, S.Si, M.Si
Catatan Umum : Disertasi di Program Studi Imu Keolahragaan
Fakultas : Fak. Keolahragaan