Penulis Utama : Winda Ardi Rahmawati
NIM / NIP : S851908035
×

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA-like ditinjau dari disposisi matematis siswa kelas IX SMP IT Nur Hidayah Surakarta.
Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian ini terdiri dari 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi, 2 siswa yang memiliki disposisi matematis sedang dan 2 siswa yang memiliki disposisi matematis rendah. Pemilihan subjek yang diambil melalui teknik purposive sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif menurut Miles & Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi mampu menyelesaikan soal PISA-like mencapai level 5. Siswa mampu menggunakan pengetahuan dengan sangat baik, dapat menggabungkan representasi yang berbeda termasuk menghubungkan dengan situasi nyata, mudah melakukan refleksi dan teliti dalam mengidentifikasi informasi. Siswa yang memiliki disposisi matematis sedang mencapai level 4 dan siswa yang memiliki disposisi matematis rendah mencapai level 4. Siswa tidak selalu dapat menhubungkan pengetahuannya yang berkaitan dengan situasi nyata dan kurang mampu melakukan refleksi dari apa yang mereka kerjakan, kurang teliti dalam mengidentifikasi informasi. Siswa dengan disposisi matematis sedang dan rendah mencapai level yang sama, namun masih terdapat perbedaan yaitu siswa dengan disposisi matematis sedang memiliki kemampuan yang lebih dalam merumuskan dugaan matematika dari informasi dan keterangan dalam soal daripada siswa yang memiliki disposisi matematis rendah. Dengan demikian, terlihat bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal untuk setiap kategori disposisi matematis.

×
Penulis Utama : Winda Ardi Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851908035
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA-Like Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S851908035
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd
2. Dr. Laila Fitriana, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Si
2. Dr. Triyanto, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.