Penulis Utama : Yeyen Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0916059
Tahun : 2021
Judul : Perancangan Motif Batik Cap Dengan Inspirasi Minuman Tradisional Wedang Uwuh Untuk Pakaian
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Seni Rupa dan Desain-C0916059
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang proyek perancangan Tugas Akhir ini menciptakan batik kontemporer/kreasi baru dengan memanfaatkan visual wedang uwuh guna memperkenalkan dan melestarikan minuman tradisional wedang uwuh dimana di era modern ini minuman tradisional sudah mulai terlupakan.
Tujuan dari perancangan ini yaitu untuk menambah alternatif desain corak batik di pasaran. Yang nantinya bukan  hanya  dinikmati sebagai kuliner saja tetapi juga melalui motif batik dan menjadi inovasi baru yang dapat menambah daya tarik masyarakat.
Metode yang digunakan terdiri dari metode perancangan dengan mengacu pada teori penciptaan seni kriya menurut Gustami. Menurut SP.Gustami metode penciptaan secara metodologis terdapat tiga tahap enam langkah penciptaan seni kriya. Berdasarkan tahapannya, terdiri dari eksplorasi, perancangan, dan perwujudan. Tahap eksplorasi melakukan pengamatan pengumpulan data melalui studi pustaka, studi visual, ekplorasi visual tentang tema yang diambil. Tahap perancangan dengan pembuatan desain untuk kemudian menghasilkan 8 alternatif desain. Pada tahap perwujudan yaitu dengan merealisasikan desain terpilih. Hasil perancangan ini berupa motif batik cap dengan visual wedang uwuh yang di fungsikan untuk pakaian wanita ready to wear.

Kata Kunci : Batik cap, Wedang Uwuh, Motif

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV.pdf
BAB III.pdf
BAB II.pdf
BAB I.pdf
Halaman Judul.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Theresia Widiastuti, M. Sn
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain