Penulis Utama : Zainal Arifin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3418071
Tahun : 2021
Judul : Analisis Insentif PPh Final UMKM DTP di Tengah Pandemi Terhadap Wajib Pajak UMKM di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-F3418071
Subyek :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh insentif pajak di tengah pandemi terhadap wajib pajak UMKM di Kota Surakarta, mengetahui cara memanfaatkan insentif PPh Final UMKM ditanggung pemerintah dan mengetahui realisasi program insentif pajak, serta untuk mengetahui alasan kenapa UMKM tidak/belum memanfaatkan insentif PPh Final UMKM ditanggung Pemerintah.
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian
yang penulis gunakan menggunakan beberapa data. Sumber data yang peneliti ambil yaitu data primer yang didapat dari wawancara dengan UMKM di wilayah Surakarta dan wawancara dengan pegawai KPP Pratama Surakarta. Sedangkan data sekunder didapat dari KPP Pratama Surakarta dan Dinas Koperasi dan UMKM Surakarta.
Setelah dilakukannya penelitian dalam tugas akhir ini, dapat disimpulkan bahwa pemberian insentif PPh final UMKM ditanggung Pemerintah cukup berdampak positif bagi UMKM di Kota Surakarta yang sudah memanfaatkannya. Pemberian insentif ini terbukti dapat meringankan beban UMKM dan dapat menstabilkan ekonomi. Buktinya bisa terlihat secara makro indikator perekonomian dan penerimaan pajak di kuartal IV tahun 2020 dibanding Kuartal sebelumnya ini telah membaik dan mengalami recovery, meskipun tidak sebaik periode sebelum pandemi.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada DJP ataupun KPP Pratama Surakarta untuk terus mensosialisasikan perihal program pemerintah insentif pajak agar pelaku UMKM dapat merasakan manfaat dari program insentif pajak ini. Peneliti berharap penulisan tugas akhir ini dapat dijadikan bahan kajian evaluasi bagi KPP Pratama Surakarta maupun Direktorat Jenderal Pajak dalam memberikan pelayanan dan pengambilan keputusan.

Kata Kunci : Insentif Pajak, Pajak UMKM, COVID-19

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Halaman Judul.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Meka Sabilla Salim, S.E., M.Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi