Penulis Utama : Arifah Nur Hidayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0816019
Tahun : 2021
Judul : Analisis Rantai Pasok Salak (Salacca Zalacca) di Kabupaten Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0816019
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Salak merupakan salah satu buah khas Indonesia yang mempunyai prospek untuk memenuhi pasar domestik juga pasar ekspor karena merupakan exotic fruit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme rantai pasok salak serta mengetahui kinerja rantai pasok salak di Kabupaten Magelang.
Metode dasar penelitian adalah deskriptif dan analitis. Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja atau purposive di Kabupaten Magelang. Metode penentuan sampel petani menggunakan purposive sampling dan simple random sampling, sedangkan untuk sampel pedagang pengumpul, pedagang besar, dan pedagang pengecer menggunakan metode snowball sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan kerangka Vorst (2006) dan analisis kinerja rantai pasok menggunakan margin, margin keuntungan, dan farmer’s share.
Hasil penelitian ini menunjukkan sasaran rantai pasok salak di Kabupaten Magelang sudah meliputi pasar domestik maupun pasar mancanegara. Saluran rantai pasok salak di Kabupaten Magelang membentuk empat saluran dengan anggota rantai yang terlibat yaitu petani, pedangang pengumpul, pedagang besar dan pedagang pengecer. Sumber daya rantai pasok belum berjalan dengan baik, salah satunya terkendala dengan sumber daya manusia yang kurang serta dukungan pemerintah dalam hal penyuluhan ataupun pelatihan terhadap lembaga rantai pasok dan harga salak yang berfluktuasi. Kinerja rantai pasok salak di Kabupaten Magelang pada saluran 3 dapat dikatakan efisien karena memiliki nilai farmer’s share tinggi dan niali margin rendah, sedangkan berdasarkan nilai margin keuntungan saluran 4 memiliki nilai yang lebih tinggi dan efisien dibandingkan saluran lainnya karena salak dibeli dengan harga tinggi oleh kelompok tani dan dipasarkan secara ekspor. Perlu adanya koordinasi dan kolaborasi antar pelaku rantai dengan menggnakan media komunikasi (mobile phone) atau dengan pembuatan kesepakatan kontraktual antar anggota rantai pasok agar rantai pasok berjalan secara optimal dan efisien. Selain itu juga perlu untuk mengembangkan pasar agar memperluas target dan sasaran pemasaran salak.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu M.S.
2. Rr. Aulia Qonita, S.P., M.P.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian