Penulis Utama : Rizki Alfiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2517059
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Variasi Aktivator Karbon Aktif Kulit Durian Terhadap Emisi Gas Buang dan Tingkat Kebisingan pada Sepeda Motor
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K2517059
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penggunaan filter karbon aktif pada knalpot sepeda motor dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi emisi gas buang dan tingkat kebisingan sepeda motor yang menjadi permasalahan yang serius akibat bertambahnya jumlah kendaraan bermotor. Salah satu material yang dapat dijadikan sebagai karbon aktif adalah kulit durian. Daya serap karbon aktif dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah jenis aktivator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh variasi aktivator pada filter karbon aktif kulit durian dengan terhadap emisi gas buang dan tingkat kebisingan sepeda motor. Metode utama yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen yang dilanjutkan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Variasi aktivator yang digunakan pada karbon aktif kulit durian yaitu KOH, H3PO4, dan NaCl yang memiliki konsentrasi 10%. Filter karbon aktif kulit durian dengan variasi aktivator diuji pada motor Honda Revo 110 cc tahun 2010 sistem bahan bakar karburator. Pengambilan data dilakukan selama 1 jam pada menit ke 5, 15, 30, 45, dan 60 dengan menggunakan gas analyzer dan sound meter.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan filter karbon aktif kulit durian dengan variasi aktivator berpengaruh terhadap emisi gas buang dan tingkat kebisingan pada sepeda motor. Dari hasil yang didapat setiap variasi gas buang memiliki penurunan yang berbeda-beda tergantung dari jenis gas buang dan aktivatornya. Penggunaan filter karbon aktif kulit durian dengan variasi activator cenderung dapat menurunkan gas buang CO dan CO2 tetapi HC cenderung naik kecuali pada aktivator KOH. Tingkat kebisingan memiliki penurunan yang berbeda-beda pada setiap aktivator, jenis aktivator yang memiliki penurunan kebisingan paling banyak adalah NaCl. Berdasarkan hasil yang didapatkan maka filter karbon aktif kulit durian dengan variasi aktivator dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk menurunkan emisi gas buang dan kebisingan terutama aktivator KOH yang memiliki hasil paling baik diantara yang lainnya.

Kata kunci: filter, kulit durian, aktivator, emisi, kebisingan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP