Penulis Utama : Pamogsa Ratri Adha Daniyar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021908038
Tahun : 2021
Judul : Meta-Analisis Hubungan Komorbiditas Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) Dengan Mortalitas pada Pasien Covid-19
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S021908038
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: COVID-19 telah menyebar ke seluruh dunia. Risiko kematian akibat COVID-19 sangat bergantung usia dan kondisi kesehatan dengan gejala berat dan kritis lebih banyak ditemukan pada pasien yang lebih tua dan pasien yang memiliki penyakit penyerta kronis seperti penyakit kardiovaskuler, hipertensi, diabetes, dan PPOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan PPOK dengan kematian pasien COVID-19.
Subjek dan Metode: Penelitian ini menggunakan desain studi meta analisis dengan pedoman diagram alur PRISMA dan menggunakan PICO dalam perumusan masalah Artikel yang diikutsertakan menggunakan desain studi kohor. Proses pencarian artikel dilakukan antara tahun 2020-2021 dengan menggunakan database dari PubMed, Google Scholar, Science Direct, BMJ, Garuda, SINTA, dan Perpusnas.
Hasil : Berdasarkan database didapatkan 9 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis dilakukan menggunakan software RevMan 5.3. Hasil review meta-analisis menunjukkan bahwa komorbid PPOK memiliki hubungan yang signifikan secara statistik dengan kematian pasien COVID-19. Pada penelitian ini terdapat bias yang dibuktikan dengan tidak simetrisnya hasil funnel plot (aOR = 1.51; CI 95% = 1.21 hingga 1.9; p < 0>Kesimpulan : Komorbid PPOK memiliki risiko meningkatkan kematian pasien COVID-19.
 

Kata Kunci : PPOK, COVID-19, mortalitas, meta-analisis

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
2. Dr. Setyo Sri Rahardjo dr., M. Kes.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana