Penulis Utama : Purbogumelar Jalu S
NIM / NIP : K1315038
×

ABSTRAK
Purbogumelar Jalu Sembodo. TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BERORIENTASI PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2021.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan masing-masing tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Surakarta dalam memecahkan masalah berorientasi PISA.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah, hasil jawaban tertulis beserta wawancara tugas 1 dan tugas 2 dalam menyelesaikan masalah berorientasi PISA. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Subjek pada penelitian ini adalah tiga siswa untuk masing-masing kemampuan matematika untuk diwawancarai. Teknik uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisa data dalam penelitian ini melalui beberapa tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Berdasar pada hasil penelitian, dapat disimpulkan: (1) siswa yang berada pada TKBK (Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif) 0 dapat mengidentifikasi apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal tetapi tidak dapat merencanakan penyelesaian soal, (2) siswa yang berada pada TKBK 1 dapat mengidentifikasi apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, dapat merencanakan satu cara penyelesaian soal, dan dapat mengerjakan soal dengan banyak jawaban yang benar. (3) siswa yang berada pada TKBK 3 dapat mengidentifikasi apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal, dapat merencanakan satu cara yang  penyelesaian soal yang tidak biasa, dapat mengerjakan soal dengan banyak jawaban yang benar. (4) siswa yang berada pada TKBK 4 dapat mengidentifikasi apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal, dapat merencanakan lebih dari satu cara penyelesaian soal dimana salah satunya merupakan cara yang tidak biasa, dapat mengerjakan soal dengan banyak jawaban yang benar.

 

×
Penulis Utama : Purbogumelar Jalu S
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1315038
Tahun : 2023
Judul : Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Berorientasi PISA (Programme for International Student Assessment)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kemampuan berpikir kreatif, masalah matematika, PISA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Si.
2. Dyah Ratri Aryuna, S.Pd., M.Si.
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.