Penulis Utama : Melani Tribuana Tunggal Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1418024
Tahun : 2021
Judul : Peran Script Writer dalam Program Musik Diskografi di Solopos.FM Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1418024
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Radio juga merupakan salah satu jenis media massa satu arah yang berperan untuk menyampaikan pesan (berita, informasi dan hiburan) kepada masyarakat dengan jangkauan tertentu. Walaupun siaran radio bersifat auditif, atau hanya bisa didengarkan saja tetapi bukan berarti radio tidak bisa menjalankan fungsinya dengan benar. Radio dianggap sebagai media yang dapat memberikan informasi dengan baik.
Radio dapat menciptakan sebuah imajinasi melalui suara yang didengarkan, seni memainkan imajinasi pendengar dengan kata dan suara ini disebut dengan theatre of mind. Selain itu radio juga bisa dibilang media massa yang murah dan mudah untuk diakses. Radio saat ini tidak ingin tertinggal dengan media massa yang lain, banyak kita jumpai di sekitar kita bahwa kini radio sudah melakukan banyak perubahan. kita bisa menikmati siaran radio kapan saja dan dimana saja melalui handphone bahkan siaran live streaming melalui internet.
Berangkat dari ketertarikan penulis terhadap radio yang selalu hadir menemani masyarakat dari dulu hingga sekarang penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) guna memenuhi syarat kelulusan, penulis memilih salah satu radio lokal yaitu PT Radio Solo Audio Utama atau leih dikenal dengan nama Solopos fm.
Script writer adalah seseorang yang bertugas menulis naskah siaran untuk dibacakan oleh penyiar pada saat siaran. Contohnya adalah pada program acara musik, script writer bertugas untuk mencari dan menulis mengenai informasi apa saja yang akan disajikan kepada pendengar, dan memilih lagu apa saja yang akan diputar pada saat siaran. Begitu juga dengan program-program lain, script writer bertugas untuk menulis naskah yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan siaran.
Dalam pelaksanaan program Kerja Kuliah Media yang penulis laksanakan di Solopos fm pada bulan Februari hingga April, penulis mendapatkan tugas sebagai script writer dalam berbagai produksi program yang di buat oleh Solopos fm dan tidak jarang juga membantu pada bagian editor. Setelah melaksanakan kegiatan KKM selama 2 bulan di Solopos fm dan di tempatkan sebagai script writer. Penulis mendapatkan banyak pengalaman baru.
Penulis mulai mengenal program yang ada, apa saja yang dibutuhkan dalam program tersebut,riset mengenai materi yang akan ditulis,bagaimana menulis script dengan baik dan benar, dan juga belajar banyak  hal  yang  berhubungan  dengan  editing.  penulis mendapatkan gambaran bagaimana bekerja sebagai script writer di program acara yang dibuat oleh Solopos fm, dan membuat penulis memiliki bekal jika suatu saat nanti penulis benar-benar bekerja di dalam dunia broadcasting khususnya di bidang script writer.

Kata kunci : komunikasi massa, script writer, media massa, theatre of mind, dan program acara.

 

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra W, S.Sos, M.I.Kom
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi