Penulis Utama : Aditya Dymi Prabowo
NIM / NIP : F1119002
×

Pertumbuhan ekonomi merupakan faktor yang sangat penting dalam pembangunan suatu negara maka dari itu keberhasilan pembangunan dapat terlihat salah satunya melalui pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan semakin meningkatnya nilai Pertumbuhan Ekonomi setiap tahunya ekonomi yang tidak bertumbuh positif seringkali menjadi  masalah yang akan membawa banyak dampak buruk tidak hanya dari segi perkonomian namum juga bisa meghambat pembanguan suatu wilayah.
Hal tersebut juga yang menjadi permasalahan di Provinsi Jawa tengah fakta bahwa Jawa Tengah adalah Provinsi dengan nilai PDRB terendah diantara Jawa Barat dan Jawa Timur, hal yang menarik mengingat Jawa Tengah mempunyai sumber daya yang baik dan dimungkinkan untuk lebih bisa dimaksimalkan dalam pengolahannya. Prasarana sebagai pendukung juga memiliki relevansi baik terhadap provinsi lain, bahkan provinsi Jawa Tengah secara geografis berada di tengah pulau Jawa, sehingga mempunyai daya tarik tersendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di antaranya Pertumbuhan penduduk, tenaga kerja, Investasi, IPM dan pengeluaran pemerintah pada Provinsi Jawa Tengah pada periode 2017-2020 dengan Teknik estimasi Fixed effect data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari Badan Pusat Statistika (BPS). Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa Pertumbuhan penduduk memiliki pengaruh signifikan negative terhadap Pertumbuhan ekonomi, sedangkan Tenaga kerja dan Indeks pertumbuhan manusia  dan  pengeluaran  pemerintah  berpengaruh positif signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi sedangkan Investasi belum menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Pemerintah harus menciptakan kebijakan-kebijakan yang dapat mendorong kenaikan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah terutama mengontrol pertumbuhan penduduk, menciptakan lapangan pekejaan, menaikan iklim investasi dan juga terus melakukan pembangunan Sumber daya manusia  dan  mengalokasikan  pengeluaran  pemerintah  dengan  tepat sasaran.

×
Penulis Utama : Aditya Dymi Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1119002
Tahun : 2021
Judul : Analisis Pengaruh Pertumbuhan Penduduk, Investasi, Tenaga Kerja, IPM dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Eknomi di Jawa Tengah Tahun 2017-2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2021
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-F1119002
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ariyanto Adhi Nugroho, S.E, M.Ec,Dev,MAPPI (Cert)
Penguji : 1. Dr. Akhmad Daerobi, MS
2. Dra. Nunung Sri Mulyani, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.