Penulis Utama : Nadia Salsabila
NIM / NIP : K4318040
×

Nadia Salsabila. K4318040. Pembimbing I : Drs. Dwi Oetomo, M.Si. Pembimbing II : Dr. Muzzazinah, M.Si.  PERBEDAAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI DENGAN PENERAPAN MEDIA ARGUMENT MAPPING PADA MATERI SISTEM SIRKULASI MANUSIA DITINJAU DARI ACADEMIC SELF EFFICACY SISWA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan argumentasi siswa antara pembelajaran yang menggunakan media argument mapping dan tidak, (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan argumentasi siswa dengan tingkat academic self efficacy yang berbeda, (3) mengetahui ada tidaknya interaksi antara media argument mapping dan academic self efficacy terhadap kemampuan argumentasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian quasi-experimental design dengan pola post-test only with non-equivalent design. Sumber data penelitian meliputi hasil angket academic self efficacy siswa dan nilai post-test siswa untuk soal kemampuan argumentasi. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2022/2023 dengan sampel kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Instrumen kemampuan argumentasi siswa menggunakan tes essay, sedangkan untuk academic  self efficacy siswa menggunakan angket dengan Skala Likert 1-4. Teknik analisis data untuk kemampuan argumentasi dan academic self efficacy menggunakan uji anova 2 jalur (two ways anova) dan uji lanjut berupa uji LSD (Least Significance Different). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan kemampuan argumentasi siswa antara pembelajaran dengan penerapan media argument mapping dan tidak yang didasarkan uji anova 2 jalur dan uji LSD. Perbedaan tertinggi terletak pada aspek warrant dan backing dengan rentang skor cukup jauh antara kelas eksperimen dan kontrol, yakni masing-masing 22,14 dan 15,49,  (2) Terdapat perbedaan kemampuan argumentasi siswa dengan tingkat academic self efficacy berbeda yang didasarkan pada uji anova 2 jalur dan uji LSD. Siswa yang memiliki academic self efficacy tinggi dan sedang  memiliki kemampuan argumentasi yang lebih baik dibandingkan siswa dengan tingkat academic self efficacy rendah, (3) Tidak ada interaksi antara media argument mapping dan academic self efficacy terhadap kemampuan argumentasi siswa yang didasarkan uji anova 2 jalur. Academic self efficacy dan media argument mapping memiliki pengaruh sendiri-sendiri terhadap kemampuan argumentasi. Media pembelajaran merupakan faktor eksternal dan diatur oleh guru sebagai pendamping kelas yang mempengaruhi kemampuan argumentasi siswa. Sedangkan academic self efficacy merupakan faktor internal dari dalam diri siswa yang mempengaruhi kemampuan argumentasi siswa. 

×
Penulis Utama : Nadia Salsabila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4318040
Tahun : 2023
Judul : Perbedaan Kemampuan Argumentasi dengan Penerapan Media Argument Mapping pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia Ditinjau dari Academic Self Efficacy Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Argumentasi; Argument Mapping; Sirkulasi; Inquiry; Academic Self Efficacy
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Oetomo, M.Si.
2. Dr. Muzzazinah, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Slamet Santosa, M.Si.
2. Dr. Harlita, S.Si., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.