Penulis Utama : Kanti Resmiati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pengatuh gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja anggota pada kelompok usaha bersama di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299006-2003
Subyek : KEPEMIMPINAN (DALAM MENEJEMEN)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sumber daya manusia suatu organisasi merupakan sekumpulan orang-orang tertentu yang secara bersama-sama akan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tugas pemimpin adalah untuk menciptakan dan menyeimbangkan kerjasama antar anggota guna mendapatkan hasil yang maksimal. Gaya kepemimpinaan menempatkan sumber daya manusia sebagai metode pendekatan dalam menggerakan fungsi-fungsi organisasi sejalan dengan tujuannya. Berdasarkan dari uraian diatas peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian terhadap sektor informal terutama yang berkaitan dengan usaha pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam bentuk Kelompok Usaha Bersama. Kelompok Usaha Bersama sebagai wadah dari kelompok masyarakat ekonomi bawah yang memiliki potensi dalam usaha kecil. Disini penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana pola kepemimpinan yang diterapkan oleh ketua-ketua Kelompok Usaha Bersama dan motivasi dari anggota kelompok masyarakat tersebut Atas dasar teori pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi maka akan dilakukan penelitian dengan judul :

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA ANGGOTA PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA

DI SURAKARTA

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan menurut Path Goal Theory terhadap motivasi kerja berdasarkan Teori Motivasi Pengharapan (Expectancy Theory). Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah terdapat pengaruh gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh ketua Kelompok Usaha Bersama dengan motivasi kerja anggota 2) Apakah ada perbedaan antara gaya kepemimpinan yang diterapkan pada saat penelitian dengan harapan anggota dimasa datang pada Kelompok Usaha Bersama di Surakarta Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan yang diterapkan terhadap motivasi kerja anggota, 2) untuk mengetahui perbedaan antara gaya kepemimpinan yang diterapkan pada saat penelitian dengan harapan anggota dimasa datang pada Kelompok Usaha Bersama di Surakarta.

Adapun Hipotesis yang dikemukakan sehubungan dengan hal di atas adalah sebagai berikut :

1. Di duga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan yang diterapkan pada Kelompok Usaha Bersama di Surakarta dengan motivasi kerja anggotanya.

2. Diduga terdapat perbedaan antara gaya kepemimpinan yang diterapkan dengan harapan anggota dimasa datang pada Kelompok Usaha Bersama di Surakarta.

Penelitian ini dilaksanakan dengan penelitian survey menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data utama. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang menjadi anggota Kelompok Usaha Bersama yang masih melakukan kegiatan produksi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified Random Sampling yaitu : suatu metode pengambilan sampel dimana populasinya terdiri dari tingkat-tingkat atau strata.

Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 40 orang dengan alokasi 5 orang dari 8 Kelompok Usaha Bersama di Surakarta. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala likert dengan skala 1 sampai 5. Untuk menguji validitas dan reliabilitas kuesioner digunakan uji validitas Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas Cronbach alpha. Selanjutnya dilakukan analisis Deskriptif, analisis Regresi sederhana dan uji Beda rata-rata.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat suatu pengaruh yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan yang diterapkan dengan motivasi kerja anggota. Berdasarkan dari hasil uji beda rata-rata ditemukan hasil bahwa tipe gaya kepemimpinan yang diharapkan oleh anggota dimasa datang adalah adalah gaya kepemimpinan Orientasi Prestasi dengan t-value sebesar -7.42. Sedangkan untuk gaya kepemimpinan Direktif t-value sebesar -2.25, gaya kepemimpinan Suportif t-value sebesar -3.14 dan Partisipatif dengan t-value sebesar -2.26.

Berdasarkan dari hasil penelitian di atas maka diajukan saran-saran : untuk mempertahankaan gaya kepemimpinan yang sesuai, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota melalui peningkatan kerjasama dengan Deperindag, meningkatkan kinerja atau mutu kepemimpinan, ketua dan anggota hendaknya lebih meningkatkan pertemuan baik yang bersifat formal maupun informal secara periodik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis