Penulis Utama : Reza Adhitama
NIM / NIP : K7116161
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dengan media video, (2) meningkatkan pembelajaran IPS tema Pahlawanku melalui pendekatan saintifik dengan media video, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan saintifik dengan media video.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan enam kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kledungkradenan tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 16 siswa. Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan saintifik dengan media video dalam peningkatan pembelajaran IPS dilaksanakan dengan langkah: (a) mengamati video, (b) menanya berdasarkan video, (c) mengumpulkan informasi dari video, (d) menalar berdasarkan video, (e) mengomunikasikan; (2) penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran IPS tema Pahlawanku pada siswa kelas IV SD Negeri Kledungkradenan tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase rata-rata ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 87,50%, siklus II = 90,63%, dan siklus III = 93,75%; (3) kendala yang dialami yaitu: (a) siswa kurang aktif bertanya, (b) siswa bingung saat presentasi, (c) guru lamban dalam menanyangkan video, (d) siswa bertanya tidak sesuai materi, (e) siswa kurang memperhatikan video, (f) siswa pasif saat berdiskusi, (g) siswa mengobrol ketika guru menjelaskan, (h) siswa mengganggu kelompok lain saat diskusi, (i) saat presentasi, kelompok lain kurang memperhatikan. Solusinya yaitu: (a) memberi motivasi dan rangsangan kepada siswa untuk bertanya, (b) guru memberi instruksi sebelum presentasi, (c) guru lebih mempersiapkan tayangan video, (d) menghimbau siswa untuk pertanyaan sesuai materi, (e) menghimbau siswa fokus memperhatikan video, (f) mengarahkan siswa bekerja sama dalam berdiskusi, (g) mengingatkan siswa memperhatikan penjelasan guru, (h) memberi teguran dan berkeliling mengondisikan kelas, (i) mengingatkan siswa untuk memperhatikan saat presentasi berlangsung.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran IPS tema Pahlawanku pada siswa kelas IV SD Negeri Kledungkradenan tahun ajaran 2020/2021.

×
Penulis Utama : Reza Adhitama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116161
Tahun : 2021
Judul : Peningkatan Pembelajaran IPS Tema Pahlawanku Melalui Pendekatan Saintifik dengan Media Video Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kledungkradenan Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7116161
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Drs. Muh. Chamdani, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.