Penulis Utama : Riza Adi Wicaksono
NIM / NIP : K3116058
×

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji alternatif penerapan metode mindfulness untuk mereduksi stres akademik, sasaran penerapan mindfulness untuk mereduksi stres akademik, prosedur penerapan mindfulness untuk mereduksi stres akademik, keberhasilan penerapan mindfulness untuk mereduksi stres akademik, dan rekomendasi penerapan mindfulness dalam bimbingan dan konseling untuk mereduksi stres akademik.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan ialah 20 sumber pustaka berupa jurnal penelitian, hasil penelitian, buku, dan artikel yang berkaitan dengan masalah yang dikaji. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis). Data mengenai penerapan mindfulness untuk mereduksi stres akademik sudah dicari kemudian dikumpulkan dan dianalisis. Keabsahannya akan diperiksa melalui pengecekan antar pustaka disertai dengan memperhatikan komentar dan masukan dosen pembimbing.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Alternatif metode penerapan teori mindfulness sangat beragam, metode yang sering diterpakan adalah MBCT dan MBSR. 2) Sasaran Penerima intervensi mindfulness bisa berupa peserta didik disemua jenjang Pendidikan dan berbagai latar belakang budaya. 3) Prosedur penerepan mindfulness di setiap pilihan metodenya berbeda beda. 4) Keberhasilan penerapan mindfulness telah banyak dibuktikan di semua sumber Pustaka yang dikaji. Mindfulness terbukti dapat mereduksi stres akademik peserta didik. Peserta didik yang menerima intervensi mindfulness juga dapat menghadapi burnout, dan depresi. 5) Rekomendasi pemberian intervensi mindfulness di sekolah khususnya pada program bimbingan dan konseling. Guru BK disarankan memberikan layanan mindfulness kepada peserta didik agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan untuk menghadapi stres akademik. Pemberian program mindfulness relatif lebih mudah diterapkan dikarenakan dapat menggunakan media aplikasi dalam melaksanakan program mindfulness. Peneliti selanjutnya diharapkan  menjadikan  hasil  penelitian  ini  sebagai  salah  satu  referensi    sebagai penelitian tindak lanjut mengenai penerapan teori mindfulness untuk mereduksi stres akademik. Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat mengembangkan panduan mindfulness agar bisa lebih aplikatif dan efesien untuk diterapkan di lingkup sekolah.

Kata Kunci: Studi Kepustakaan, Mindfulness, Stres Akademik

 

×
Penulis Utama : Riza Adi Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116058
Tahun : 2021
Judul : Studi Kepustakaan Penerapan Teori Mindfulness Untuk Mereduksi Stres Akademik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3116058
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rian Rokhmad Hidayat, S.Pd., M.Pd.
2. Ulya Makhmudah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.