Penulis Utama : Nurestu Hartanto Legawa
NIM / NIP : K3217056
×

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan  proses pembelajaran daring nirmana trimatra menggunakan Microsoft Teams di kelas 12 MIPA 1 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Akademik 2020/2021 dan (2) menganalisis visual karya nirmana trimatra yang dihasilkan oleh siswa kelas 12 MIPA 1 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Akademik 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus intrinsik. Sumber data yang digunakan meliputi; informan, peristiwa dan aktivitas dan arsip atau dokumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi atau pengamatan, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Uji validitas atau kredibilitas data menggunakan triangulasi dan member check. Teknik analisis data  yang digunakan adalah analisis data model interaktif. yang dilakukan dengan cara; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pembelajaran daring nirmana trimatra menggunakan Microsoft Teams di kelas 12 MIPA 1 terselenggara dengan baik karena telah mencakup ketujuh komponen pembelajaran antara lain; tujuan pembelajaran, pendidik, peserta didik, materi pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dan didukung sarana teknologi berupa perangkat keras, perangkat lunak dan jaringan internet. Tujuan dari pembelajaran ini adalah melatih kreativitas peserta didik dalam mewujudkan bentuk karya nirmana kreasi mereka secara mandiri dan mengapresiasi karya nirmana trimatra milik temannya. Materi dalam pembelajaran ini mencakup pengantar seni rupa, nirmana trimatra, unsur-unsur rupa dan prinsip desain yang dikemas dalam slide powerpoint. Media pembelajaran ini berupa slide powerpoint yang ditayangkan menggunakan fitur konferensi video pada Microsoft Teams. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini antara lain; metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Evaluasi dalam pembelajaran ini dinilai dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Analisis visual karya nirmana trimatra yang dihasilkan menunjukkan bahwa peserta didik sudah memahami materi pokok nirmana trimatra. Karya yang dihasilkan cukup baik dan sederhana. Namun, beberapa peserta didik masih kurang kreatif, terlihat sebagian peserta didik masih sekedar mencontoh dari hasil karya yang dijadikan sumber referensinya. Sehingga terdapat beberapa karya yang berbentuk sangat mirip dengan bahan yang sama yaitu menggunakan stik es krim.

Kata kunci: pembelajaran daring, Microsoft Teams, nirmana trimatra.

 

×
Penulis Utama : Nurestu Hartanto Legawa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3217056
Tahun : 2021
Judul : Pembelajaran Daring Nirmana Trimatra Menggunakan Microsoft Teams pada Siswa Kelas 12 MIPA 1 di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Akademik 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3217056
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Endang Widiastuti, S.Pd., M.Pd.
2. Figur Rahman Fuad, S.Pd., MA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.