Penulis Utama : Annisa Maulida Rahma
NIM / NIP : K1217011
×

Annisa Maulida Rahma. K1217011. ANALISIS BAHASA IKLAN ONLINE SHOP PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS IKLAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 GURAH KEDIRI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) pola struktur bahasa iklan iklan online shop di instagram, (2) jenis kata iklan online shop di instagram, (3) gaya bahasa iklan online shop di instagram, dan (4) pemanfaatan bahasa iklan online shop di instagram sebagai bahan ajar dalam pembelajaran teks iklan kelas VIII SMP Negeri 1 Gurah Kediri.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari dokumen iklan-iklan online shop di instagram dan informan wawancara guru bahasa Indonesia serta 2 perwakilan peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (1) pola struktur bahasa iklan dalam iklan online shop di instagram yang meliputi kalimat pernyataan (deklaratif), kalimat perintah/ajakan (imperatif), dan kalimat pertanyaan (interogatif). Ditemukan lebih banyak penggunaan kata pernyataan (deklaratif) sebagai pemberi deskripsi dari sebuah produk, juga menggunakan kalimat perintah (imperatif) guna mengajak pembaca untuk mencoba atau membeli produk, dan menggunakan beberapa kalimat pertanyaan (interogatif) untuk membangun rasa penasaran pembaca; (2) jenis kata dalam iklan online shop di instagram yang meliputi kata konotasi, kata denotasi, kata sinonim, kata homofon, dan kata homonim. Ditemukan banyak penggunaan kata konotasi yang mengandung makna bukan sebenarnya, juga terdapat penggunaan kata denotasi yang mengandung makna kata sebenarnya, kata sinonim atau persamaan kata, kata homofon, dan kata homonim; (3) gaya bahasa dalam iklan online shop di instagram yang meliputi majas hiperbola, majas asonansi, majas anafora, majas personifikasi, dan majas klimaks. Ditemukan banyak menggunakan majas hiperbola yang memberikan kesan berlebihan terhadap keunggulan produk agar menarik perhatian pembaca dan pemakaian majas lain seperti penggunaan majas asonansi, majas, anafora, majas klimaks, dan majas personifikasi; dan (4) pengambilan sepuluh foto atau gambar iklan online shop di instagram berdasarkan isi deskripsi kata-kata informasi produk yang membangun visualisasi dan persepsi kualitas produk untuk menarik perhatian pembaca atau konsumen dan telah ditelaah lebih lanjut dapat dimanfaatkan untuk bahan ajar teks iklan di kelas VIII SMP.

×
Penulis Utama : Annisa Maulida Rahma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1217011
Tahun : 2022
Judul : ANALISIS BAHASA IKLAN ONLINE SHOP PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS IKLAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 GURAH KEDIRI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : iklan online shop, instagram, bahasa iklan, bahan ajar, teks iklan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Dr. Edy Suryanto, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko W, S.S., M.Hum
2. Titi Setiyoningsih, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.