Penulis Utama : Aditya Dwi Prasetyo
NIM / NIP : D0217003
×

    Serial televisi sebagai salah satu bentuk media massa memiliki ciri khasnya sendiri dalam pemuatan pesan dalam narasinya. Makna pesan disampaikan dalam setiap adegan dengan narasi dan metode yang beragam sehingga serial televisi mampu membentuk pemahaman baru di masyarakat. Kemunculan serial televisi sebagai cerminan atas realitas sosial masyarakat juga memberikan pandangan baru atas isu yang nyata terjadi di tengah masyarakat. Isu kapitalisme bisa dipahami sebagai sebuah sistem di mana kehidupan ekonomi dikuasai oleh sekelompok pemilik modal atau kapital untuk memperoleh keuntungan sebanyak mungkin. Isu kapitalisme yang hingga kini masih eksis di semua lini masyarakat membuat kapitalisme menjadi isu yang seringkali diangkat dalam media massa, utamanya serial televisi. Squid Game menjadi salah satu serial televisi yang mampu memberikan sudut pandang baru mengenai isu kapitalisme global. Serial Squid Game mengonstruksikan realitas sosial masyarakat yang erat kaitannya dengan kapitalisme utamanya dalam kehidupan sehari-hari.
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi kapitalisme dalam serial Squid Game. Metode penelitian menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes yang terbagi menjadi tiga tahap, yakni denotasi, konotasi, dan mitos. Objek penelitian berupa shot, scene, dan sequence yang mengonstruksikan isu kapitalisme dalam serial Squid Game. Sumber data primer dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi pada serial televisi Squid Game, dan sumber data sekunder diperoleh dari studi pustaka dari publikasi lain yang kredibel seperti artikel jurnal dan berita.
    Konstruksi kapitalisme dalam serial Squid Game muncul dalam beberapa tanda secara implisit dan eksplisit. Tanda yang muncul secara implisit dapat berupa desain produksi, seperti desain pakaian, ruangan, sudut pengambilan gambar, hingga tone warna produksi. Sedangkan tanda yang muncul secara eksplisit dapat berupa dialog-dialog yang menekankan adanya perbedaan kelas sosial dan sistem kapitalisme yang memang nyata terjadi dalam masyarakat. Konstruksi kapitalisme yang ditemukan dalam penelitian serial Squid Game sebanyak 14 scene yang terdiri dari: (a) 5 temuan perbedaan kelas sosial; (b) 4 temuan kekerasan fisik untuk mendapatkan keuntungan; dan (c) 5 temuan permasalahan sehari-hari sebagai dampak langsung kapitalisme.

×
Penulis Utama : Aditya Dwi Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0217003
Tahun : 2022
Judul : Konstruksi Kapitalisme dalam Serial Drama (Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Serial Netflix "Squid Game")
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Semiotika Roland Barthes; Serial Televisi; Kapitalisme
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://www.jurnalkommas.com/index.php?target=isi&jurnal=KONSTRUKSI+KAPITALISME+DALAM+SERIAL+DRAMA
Status : Public
Pembimbing : 1. Chatarina Heny Dwi Surwati, S.Sos., M.Si.
Penguji : 1. Drs. Aryanto Budhy Sulihyantoro
2. Mahfud Anshori, S.Sos., M.Si.
3. Chatarina Heny Dwi Surwati, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.