Penulis Utama : Zaini Abdul Ghani
NIM / NIP : C9518060
×

Perkembangan desain grafis dibeberapa tuhun terakhir semakin pesat, muncul turunan dan jenis dan style baru yang merupakan ciri khas dari desainer itu sendiri. Dari sini lah memulai untuk menjalani freelance graphic designer bertemu banyak klien dari dalam negeri maupun luar negeri. Pengaruh dari perkembangan ini memunculkan ide untuk para pembisnis untuk memulai usaha mereka dengan ciri khas mereka sendiri, dan itu pun tidak luput dari peran dari seorang desainer untuk merealisasikan ide-ide gila dari para klien.

Clothing Company inilah istilah untuk perusahaan yang memproduksi pakaian jadi dibawah brand mereka. Banyak clothing company yang menawarkan produk - produk yang menampilkan artwork dari para desainer. Sudah bukan hal baru lagi jika banyak brand - brand bermunculan karena minat dari masyarakat yang sudah mengerti dengan fashion. Di setiap negara memiliki selera yang berbeda-beda, seperti konsep, bahan dasar produk, serta harga yang sangat bervarian. Karena mengambil brand yang berasal dari Australia, terdapat perbedaan yang sangat mencolok dengan beberapa clothing brand lokal Indonesia.

 

 

Outaplace merupakan clothing brand asal Australia yang mengangkat tema Anti-Design yang unik dan inovatif. Pemilihan konsep ini sangat berbeda dengan brand lokal Indonesia, dalam konsepnya sangat rumit memiliki banyak element dan sangat berantakan jika kita lihat. Kekuatan perancangan visual dari brand ini sendiri adalah memadukan tribbal, tipografi, illustrasi, dan banyak element kecil sebagai pemanisnya, pemiliknya pun berharap bisa membawa wajah baru dalam desain apparel yang lebih terlihat berani dan menarik.

Perkembangan di era digital dan kemudahan transaksi saat ini maka tentunya para pembisnis akan sangat diuntungkan jika memiliki bisnis yang bisa mencakup seluruh negara. World wide shipping sudah bukan hal yang sulit lagi untuk di era sekarang, sudah banyak penyedia jasa yang dapat membantu untuk melakukan pengiriman diluar negeri seperti halnya Outaplace ini yang sudah world wide shipping.

Desain yang usable memang memudahkan user memakai aplikasi, tapi ini bisa membatasi kebebasan ekspresi seorang desainer. Anti-design adalah gaya visual yang menghindari prinsip-prinsip desain tradisional. Ada banyak unsur tidak simetris, warna yang ditabrakkan, hingga elemen yang sengaja dibuat “ramai” ( www.glints.com/id diakses pada 20 Februari 2022).

Melalui Instagram, mendapat direct message oleh seseorang dari Australia bernama Ethan Gibson, dia memiliki usaha yang bergerak di bidang clothing, yang bernama Outaplace. Outaplace sendiri merupakan brand baru yang baru saja merilis 3 t-shirt dengan sub menu Season 1, dan akan segera merilis sub menu season 2.

Berdasarkan rangkaian informasi diatas maka memilih untuk merancang desain untuk clothinng brand asal Australia ini dengan konsep Anti-Design yang merupakan ego dari owner yang akan ditampilkan dengan gaya, bahasa, dan ilustrasi yang sesuai dengan tema Anti-Design. Manfaat dari perancangan Tugas Akhir ini secara akademik dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang illustrasi dan desain komunikasi visual. Bagi pemilik usaha, desain dapat diaplikasikan dalam produk dan diperjual belikan dipasaran.

×
Penulis Utama : Zaini Abdul Ghani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9518060
Tahun : 2022
Judul : perancangan ilustrasi dengan tema Anti-Design pada clothing brand “Outaplace”
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Desain Komunikasi Visual
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Anti design, illustrasi, clothing brand
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jauhari, S.Sn., M.Sn.
Penguji : 1. Hermansyah Muttaqin, S.Sn., M.Sn.
2. Nidyah Widyamurti,S.Sn., M.IKom.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.