Penulis Utama : Eny Wahyuning Tyas
NIM / NIP : B0418018
×

Eny Wahyuning Tyas. B0418018. Majalah Skets Masa Pada Masa Demokrasi Terpimpin Tahun 1959-1965. Skripsi: Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Kehidupan politik dan pers tidak dapat dipisahkan. Peristiwa-peristiwa politik merupakan liputan yang menarik untuk dibagikan pada masyarakat. Salah satu pers yang meliput kejadian dan peristiwa politik tahun 1959-1965 adalah Majalah Skets Masa. Penelitian ini bertujuan, pertama, menjelaskan kondisi politik dan pers pada tahun 1959-1965. Kedua, menjelaskan perkembangan Majalah Skets Masa pada tahun 1959-1965. Ketiga, mengungkap peran Majalah Skets Masa sebagai media informasi politik dalam negeri tahun 1959-1965.

Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah yang meliputi pemilihan topik, heuristik (pengumpulan sumber), kritik sumber (verifikasi), interpretasi dan historiografi. Dalam penelitian ini digunakan sumber-sumber penulisan berupa majalah sezaman sebagai sumber utama, serta buku-buku sebagai sumber pendukung.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pada tahun 1959-1965 Indonesia menganut sistem Demokrasi Terpimpin. Sistem ini melahirkan Soekarno sebagai pemegang kekuasaan dan aturan baru yang berbeda dari sistem pemerintahan sebelumnya. Penerapan sistem ini mempengaruhi kehidupan pers salah satunya Majalah Skets Masa. Selama kurun waktu 1959-1965, Skets Masa berhasil rumbuh dan berkembang berkat mematuhi aturan Bung Karno. Skets Masa mendukung manipol dan program pemerintah. Hal tersebut dapat dilihat dari isi Majalah Skets Masa yang sering memuat tulisan tentang program politik Bung Karno. Selain itu, isi Skets Masa juga berupa kejadian-kejadian politik yang nyata terjadi di masyarakat selama kurun waktu 1959-1965. Sebagai majalah politik, Skets Masa selain menambah wawasan pembaca melalui pelaporan kejadian politik juga berperan dalam melakukan sosialisasi politik berupa kegiatan indotrinasi politik dan pengajaran atau pendidikan politik.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peran Skets Masa pada tahun 1959-1965 dipengaruhi oleh sistem politik pada masa itu. Aturan yang mewajibkan pers mendukung manipol membentuk peran Skets Masa menjadi majalah yang melakukan sosialisasi politik. Disamping itu Skets Masa juga memberitakan hasil liputan redaksi tentang berbagai peristiwa politik. pengaruh peran Skets Masa bagi pembaca telah memberikan pengetahuan baru dan membentuk opini pembaca. 

×
Penulis Utama : Eny Wahyuning Tyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0418018
Tahun : 2023
Judul : Majalah Skets Masa Pada Masa Demokrasi Terpimpin Tahun 1959-1965
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Majalah Skets Masa, Informasi, Peran, Politik
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Umi Yuliati, S.S., M.Hum.
2. Drs. Supariadi, M.Hum.
Penguji : 1. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd.
2. Dra. Isnaini Wijaya Wardani, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.