Penulis Utama : Galih Aji Wibowo
NIM / NIP : B0216028
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yakni (1) Bagaimana suntingan teks Syair Nasihat Agama? (2) Bagaimana konsep estetika Melayu dalam teks Syair Nasihat Agama?. Tujuan penelitian ini untuk (1) Menyajikan suntingan teks Syair Nasihat Agama yang baik dan benar; (2) Mendeskripsikan nilai estetika yang terdapat dalam teks Syair Nasihat Agama.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pemerolehan data, yaitu teknik mengunduh file secara digital. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian estetika Melayu klasik Braginsky dengan aspek keindahan, faedah, dan kesempurnaan jiwa. Data penelitian ini berupa teks Syair Nasihat Agama (selanjutnya disingkat SNA). Teks SNA merupakan naskah tunggal yang berisi tentang nasihat atau ajaran dalam agama Islam.  
Metode yang digunakan adalah metode standar. Analisis yang telah dilakukan menghasilkan antara lain: (1) Keindahan pada rima setiap bait serta konsep indah yang lebih tertuju pada asal usul sumber keindahan yang memiliki arti sama dengan kekayaan Tuhan. (2) Makna teks SNA melalui konsep faedah berisi tentang meyakini rukun iman dalam agama Islam, iman tersebut yaitu iman kepada Allah, Kitab Allah, Nabi dan Rasul, dan Iman kepada hari akhir. (3) Pengajaran tentang konsep ihsan yang harus dimiliki oleh setiap manusia.
Naskah ini tersimpan di Staatblibliothek zu Berlin, Jerman dengan kode inventarisasi PPN :839014600. Pemilik naskah tersebut adalah Karl Schoeman, tetapi setelah wafat seluruh koleksinya termasuk SNA dihibahkan kepada Staatblibliothek zu Berlin. Naskah ini juga termasuk dalam program digitalisasi yang dilakukan oleh Berlin Library, sehingga dapat diakses secara digital melalui laman Orient-digital.staatsblibliothek-berlin.de. Kondisi naskah tergolong baik dan keterbacaan tulisan cukup jelas. Suntingan teks SNA memperlihatkan kesalahan penulisan yang meliputi 3 lakuna, 2 adisi, 3 substitusi, dan 1 transposisi. Beberapa kata sukar berasal dari kosa kata bahasa Arab, bahasa daerah, dan bahasa arkais. Penelitian ini menghasilkan 3 aspek, yaitu keindahan, faedah, dan kesempurnaan jiwa. Isi teks SNA adalah keutamaan mengaji Alquran, perintah dan larangan dalam agama Islam, serta beribadah kepada Allah Swt.

Kata kunci: Suntinga teks, Estetika Melayu, Syair Nasihat Agama, dan Faedah

 

×
Penulis Utama : Galih Aji Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216028
Tahun : 2021
Judul : Syair Nasihat Agama: Suntingan Teks dan Analisis Estetika Melayu Klasik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0216028
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Asep Yudha Wirajaya, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.