Penulis Utama : Iis Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Evaluasi penerapan strategi bauran pemasaran dalam upaya meningkatkan keberhasilan usaha industri kecil mie soun di Desa Manjung Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200118-2003
Subyek : IKLAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan terhadap pengusaha mie Soun pada sentra industri kecil mie Soun di desa Manjung kecamatan Ngawen kabupaten Klaten. Adapun judul dari penelitian ini adalah “Evaluasi Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkat Keberhasilan Usaha Industri Kecil Mie Soun Di Desa Manjung Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten”. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran yang telah dilaksanakan oleh industri kecil mie Soun di desa Manjung kecamatan Ngawen kabupaten Klaten dan pengaruhnya terhadap keberhasilan usaha industri kecil tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode wawancara dengan instrumen daftar pertanyaan (kuesioner) dan observasi, yang diselenggarakan selama bulan Mei 2003. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode random sampling, adapun jumlah responden yang diambil sebanyak 40 responden dari 65 pengusaha mie Soun. Variabel penelitian yang digunakan diantaranya adalah pelaksanaan bauran pemasaran yang meliputi produk (kualitas, merk, kemasan, keragaman, dan pensortiran produk), harga (tujuan dan metode penetapan harga, pemberian potongan, dan sistem pembayaran dalam melakukan penjualan), promosi (pelaksanaan publisitas, personal selling, pameran dan kepemilikan kartu nama) dan distribusi (jenis, jumlah, dan sarana transportasi yang digunakan dalam saluran distribusi). Variabel penelitian lainnya adalah tingkat volume penjualan yang dihasilkan pengusaha mie Soun setiap bulan.

Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu dengan tabulasi distribusi frekuensi dengan persentase untuk mengukur besarnya persentase penerapan strategi bauran pemasaran dan tabulasi silang untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keberhasilan usaha industri kecil mie Soun di desa Manjung kecamatan Ngawen kabupaten Klaten.

Berdasarkan analisis dan pembahasan dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : strategi produk, yang meliputi variabel kualitas produk yaitu hampir sebagian besar (70%) pengusaha menghasilkan produk dengan kualitas nomor satu, dengan tingkat keragaman berdasarkan bentuk produk (tebal dan tipis) dan berdasarkan berat timbangan lebih dari dua jenis sebanyak 16 pengusaha, dan 100% telah menggunakan merk daan kemasan produk, tetapi model kemasan produk yang digunakan masih sederhana sekali sehingga kurang menarik konsumen. Strategi harga yang diterapkan perusahaan hampir sebagian sama yaitu menggunakan metode Going rate pricing , tetapi pemberian potongan harga dalam menarik konsumen kurang baik. Strategi promosi yang meliputi variabel publisitas, promosi penjualan (kepemilikan kartu nama dan pameran) sudah diterapkan oleh sebagian besar pengusaha, tetapi pelaksanaan personal selling hanya dilakukan oleh sebagian pengusaha. Strategi distribusi yang diterapkan diantaranya bahwa sebagian besar pengusaha menggunakan saluran distribusi ganda, sarana transportasi yang digunakan terdiri dari kendaraan (sepeda motor) dan truk. Saran yang disampaikan oleh penulis terhadap pengusaha mie Soun setelah pelaksanaan penelitian adalah sebagai berikut : diharapkan semua pengusaha memperhatikan kualitas, keragaman, merk dan kemasan produk yang dihasilkan. Perusahaan diharapkan juga memperhatikan harga produk yang ditetapkan (tidak hanya berdasarkan harga pesaing tetapi juga berdasarkan pada perhitungan biaya ditambah tingkat laba yang diinginkan), pelaksanaan promosi yang lebih gencar dan memperluas saluran distribusi dengan jalur promosi dan memperluas daerah pemasaran yang dituju agar tingkat volume penjualan yang dihasilkan lebih tinggi.

.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Susanto Tirtoprojo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis