Penulis Utama : Tyas Aisyah Putri
NIM / NIP : S021902059
×

Latar Belakang: Salah satu target Sustainable Development Goals (SDG’s) tahun 2030 yaitu mengakhiri segala bentuk malnutrisi termasuk penurunan stunting yang masih menjadi masalah global. Stunting secara langsung dan negatif dipengaruhi oleh panjang lahir, pemberian ASI eksklusif, dan makanan pendamping ASI tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi besarnya pengaruh pemberian ASI tidak eksklusif dan MP ASI tidak tepat waktu terhadap kejadian stunting pada anak balita dengan menggunakan studi meta analisis.
Subjek dan Metode: Penelitian meta analisis ini dilakukan dengan memilih artikel yang diterbitkan pada tahun 2010-2020, dari database PubMed, Google Scholar, dan BMJ. Pencarian artikel dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria kelayakan. Artikel ini dikumpulkan selama 1 bulan dengan menggunakan kata kunci sebagai berikut: “Exclusive Breastfeeding” AND “Complemantary Feeding” AND “Stunting”. Kriteria inklusi adalah studi teks lengkap, subjek anak bawah lima tahun, intervensi pemberian ASI tidak eksklusif dan makanan pendamping ASI tidak tepat waktu, outcome dari artikel adalah stunting dengan studi observasional, dan hasilnya dilaporkan dalam adjusted Odds Ratio (aOR). Artikel yang memenuhi syarat dianalisis menggunakan program Review Manager 5.3.
Hasil: Sebanyak lima belas artikel ditinjau dalam penelitian ini dengan desain studi case control dan cross sectional. Meta analisis dari 7 studi case control menunjukkan bahwa anak balita dengan pemberian ASI tidak eksklusif memiliki risiko stunting (aOR= 2.83; CI 95%= 1.30 hingga 4.53; p= 0.006), 3 studi cross sectional menunjukkan bahwa anak balita dengan pemberian ASI tidak eksklusif memiliki risiko stunting (aOR= 1.41; CI 95%= 1.30 hingga 4.53; p= 0.690), dan 5 studi cross sectional menunjukkan bahwa anak balita dengan pemberian MP ASI tidak tepat waktu memiliki risiko stunting (aOR= 2.46; CI 95%= 1.81 hingga 3.36; p< 0>Kesimpulan: Pemberian ASI tidak eksklusif dan MP ASI tidak tepat waktu memiliki risiko terhadap kejadian stunting. 

×
Penulis Utama : Tyas Aisyah Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021902059
Tahun : 2020
Judul : Meta Analisis Pengaruh Pemberian Air Susu Ibu Tidak Eksklusif dan Makanan Pendamping Air Susu Ibu Tidak Tepat Waktu terhadap Kejadian Stunting pada Anak Balita
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S021902059
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Yulia Lanti Retno Dewi, dr., MSi
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D
Penguji : 1. Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr., M,Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.