Penulis Utama : Monica Kusumawati
NIM / NIP : B0217044
×

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kebahasaan tentang pembawa acara yang memanfaatkan tindak tutur direktif ketika melakukan tanya jawab. Acara Gritte Buka Praktek dipilih sebagai sumber data karenakan pembawa acara pada acara tersebut merupakan mantan artis cilik yang sebelumnya menggeluti bidang peran, tetapi kini mencoba menjadi pembawa acara di kanal youtube-nya. Oleh karena itu, tuturan direktif dan strategi kesantunan yang dipergunakan oleh pembawa acara tersebut menarik untuk diteliti.
Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah: (i) bagaimana bentuk tindak tutur direktif pembawa acara yang terdapat dalam segmen Gritte Buka Praktek di kanal youtube Gritte Agatha dan (ii) bagaimana strategi kesantunan tindak tutur direktif yang digunakan pembawa acara dalam segmen Gritte Buka Praktek di kanal youtube Gritte Agatha. Sementara itu, tujuan pada penelitian ini terdapat dua hal, yaitu (i) mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif pembawa acara yang terdapat dalam segmen Gritte Buka Praktek di kanal youtube Gritte Agatha dan (ii) mendeskripsikan strategi kesantunan tindak tutur direktif yang digunakan pembawa dalam segmen Gritte Buka Praktek di kanal youtube Gritte Agatha.
Sumber data pada penelitian ini yaitu dari acara Gritte Buka Praktek di kanal youtube Gritte Agatha, sedangkan data pada penelitian ini berupa tuturan Gritte sebagai pembawa acara dalam acara “Gritte Buka Praktek” yang memuat tuturan direktif beserta konteksnya. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif kualitatif dengan maksud mendeskripsikan analisis data tentang bentuk tindak tutur direktif pada acara Gritte Buka Praktek di kanal youtube Gritte Agatha. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode kontekstual, cara-tujuan, dan heuristik.
Hasil penelitian ini ditemukan tindak tutur direktif yang digunakan pembawa acara dalam acara Gritte Buka Praktek di kanal youtube Gritte Agatha sejumlah 6 tindak tutur, yaitu meminta, menyuruh, mempertanyakan, mendoakan, menyarankan, dan mengajak. Selain itu, penelitian ini ditemukan juga strategi kesantunan dengan sejumlah 7 strategi, yaitu kesantunan tanpa basa-basi, kesantunan positif, kesantunan negatif, dan kesantunan samar-samar, strategi antarstrategi kesantunan negatif, kombinasi strategi kesantunan positif dan negatif, kombinasi strategi kesantunan negatif dan samar-samar.

Kata kunci: pragmatik, tindak tutur, youtube, strategi kesantunan

 

×
Penulis Utama : Monica Kusumawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0217044
Tahun : 2021
Judul : Tindak Tutur Direktif dan Strategi Kesantunan Pembawa Acara dalam Segmen “Gritte Buka Praktek” di Kanal Youtube Gritte Agatha
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0217044
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. RR Chattri Sigit Widyastuti, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.