Penulis Utama : Adipriyo Argo Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0216003
Tahun : 2021
Judul : Strategi Komunikasi Penguatan Branding Wisata Desa Pegunungan Lawu
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0216003
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi BUMDes Berjo dalam memperkuat branding objek wisata Telaga Madirda. BUMDes Berjo dan Pemerintah Desa Berjo merupakan pengelola objek wisata Telaga Madirda. Objek wisata Telaga Madirda merupakan objek wisata alam dan Religi desa Berjo yang berupa Telaga dengan air alami yang menyajikan pemandangan alam yang asri. Objek wisata Telaga Madirda sendiri mulai dikomersilkan kurang lebih satu tahun yang lalu selama masa pandemi, dalam kurun waktu tersebut dapat mendapatkan pemasukan yang tinggi serta memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap masyarakat sekitar.
Penelitian dilakukan dengan metode kualiatatif menggunakan proses pengumpulan data melalui studi kepustakaan, observasi lapangan dan wawancara dengan para pihak terkait. Peneliti menggunakan teori AIDDA (Attention Interest, Desire, Decision, Action) menurut Kotler dalam menganalisis. Konsep AIDDA menjelaskan suatu proses psikologis yang terjadi pada diri khalayak (komunikasi) dalam menerima pesan komunikasi.
Telaga Madirda ini mulai banyak dikenal sebagai wisata alam setelah BUMDes dan Pemerintah Desa Berjo melakukan promosi dan publikasi dengan berbagai media baik online  maupun media offline. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa dalam melangsungkan strategi komunikasi dengan menarik perhatian (Attention), menarik minat (Interest), menimbulkan keinginan(Desire), menciptakan keputusan (Decision), dan membuat suatu aksi (Action). Serta meneliti faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dihadapi BUMDes Berjo dalam memperkuat branding Telaga Madirda dengan strategi komunikasi yang digunakan. Ditemukan faktor pendukung seperti keindahan alam yang masih alami, serta fasilitas dan wahana yang bervariasi. Faktor penghambat yang ditemukan seperti, SDM yang kurang berkompeten, serta cuaca pegunungan yang sulit ditebak. Untuk kedepannya Pemerintah Desa dan BUMDes terus meningkatkan dan menyusun strategi untuk pengelolaan objek wisata Telaga Madirda.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Strategi Branding, Komunikasi AIDDA, Pariwisata.

 

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra W, S.Sos, M.I.Kom
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP