Penulis Utama : Sigid Nur Itto’ Akhmad Ramadhantya
NIM / NIP : D0216088
×

Covid-19 telah menjadi masalah kesehatan global setelah ditetapkan sebagai pandemi oleh World Health Organization. Pemerintah terus  mengupayakan pencegahan agar pandemi dapat segera berakhir. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah membangun kesadaran masyarakat melalui kampanye vaksinasi. Pentingnya kampanye vaksinasi Covid-19 dilakukan untuk mencapai kekebalan komunal. Untuk itu, Pemerintah dengan gencar melakukan vaksinasi massal di pulau Jawa. Kota Surakarta mendapat persentase mencapai 135,07% target tercapai dari jumlah vaksinasi tenaga kesehatan, lansia, dan petugas publik. Dari hasil tersebut menggambarkan bahwa pemilihan strategi komunikasi yang dilakukan berhasil dengan baik.  
Objek penelitian ini adalah Dinas Kesehatan Kota Surakarta dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan Dinas Kesehatan dalam memunculkan kepedulian terhadap lansia melalui program “ELING PUSPA” untuk berpartisipasi aktif mengikuti program vaksinasi Covid-19. Penelitian ini menggunakan  metode analisis SWOT dengan mengambil data melalui observasi langsung dan wawancara.    
Hasil penelitian ini adalah analisis terkait kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman terhadap strategi komunikasi yang dilakukan. Ditemukan beberapa strategi komunikasi dalam kampanye vaksinasi yang dilakukan, yaitu strategi komunikasi SO, strategi komunikasi WO, strategi komunikasi ST, dan strategi komunikasi WT. Adapun Strategi SO yang didapat yaitu: (1) Mengangkat kembali informasi terkait vaksinasi Covid-19 untuk lansia pada saat dilakukan sosialisasi. (2) Memanfaatkan data hasil evaluasi dengan lintas program dan lintas sektoral. Adapaun Strategi WO yang didapat yaitu: (1) Mengajak partisipasi aktif masyarakat dalam mengelola informasi terkait vaksinasi Covid-19. (2) Membuat database terbaru terkait target sasaran program “PUSPA ELING.” Adapun strategi ST yang didapat yaitu: (1) Memilih komunikator yang dapat meyakinkan target sasaran. (2) Memanfaatkan media sosial untuk mematahkan informasi hoaks (3) Membuat pesan yang mudah diterima oleh masyarakat khususnya lansia. Adapun Strategi WT yang didapat yaitu: (1) Meningkatkan perencanaan serta koordinasi penuh dengan berbagai pihak untuk menangkal isu hoaks. (2) Turun langsung ke lapangan dengan menjelaskan materi informasi dan edukasi.

Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Komunikasi, Kampanye, Vaksinasi

 

×
Penulis Utama : Sigid Nur Itto’ Akhmad Ramadhantya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0216088
Tahun : 2021
Judul : Strategi Komunikasi “Eling Puspa” (Analisis SWOT Strategi Komunikasi Dinas Kesehatan Kota Surakarta dalam Memunculkan Kepedulian terhadap Lansia melalui Program “ELING PUSPA” di Kecamatan Laweyan untuk Berpartisipasi Aktif Mengikuti Program Vaksinasi Covid-19 melalui Kampanye Vaksinasi Covid-19)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0216088
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra Wijaya, S.Sos., M.I.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.