Penulis Utama : Meli Febriani
NIM / NIP : S862002009
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan media pembelajaran sejarah yang digunakan di SMAN 13 Kota Jambi; (2) Mengembangkan buku digital Transformasi Melayu Islam di Kota Jambi Pada Masa Kolonial untuk meningkatkan kesadaran sejarah lokal Siswa SMAN 13 Kota Jambi; dan (3) Mendeskripsikan efektivitas buku digital Transformasi Melayu Islam di Kota Jambi Pada Masa Kolonial untuk meningkatkan kesadaran sejarah lokal Siswa SMAN 13 Kota Jambi.

Prosedur penelitian menggunakan pendekatan Research and Development, dengan prosedur penelitian pengembangan model ADDIE, terdiri dari: (a) Analyze. Analisis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran sejarah untuk meningkatkan kesadaran sejarah lokal, (b) Design atau tahap perancangan produk, yang terdiri penyesuaian kompetensi indikator dan silabus, dan merancang desain awal produk (c) Development atau tahap pengembangan produk proses validasi ahli serta uji coba produk (d) Implementation atau tahap implementasi yaitu implementasi produk akhir atau produk final; dan  (e) Evaluation atau tahap evaluasi yaitu uji efektivitas pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa semester ganjil (satu) SMAN 13 Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket terbuka, tertutup dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu teknik deskriptif kualitatif dan teknik deskriptif kuantitatif. Analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan program analisis yakni program SPSS 25.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) pembelajaran sejarah di SMAN 13 Kota Jambi masih menggunakan media konvensional seperti powerpoint. Pembelajaran sejarah belum dieksplor secara optimal. Pengaruhnya kesadaran sejarah lokal masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan analisis kebutuhan diperlukan buku digital untuk meningkatkan kesadaran sejarah lokal. Langkah yang dilakukan menyusun draf awal produk dengan mengacu pada kompetensi dasar (KD) dan kompetensi inti (KI), menyusun materi, membuat desain, memproduksi media; 2) pengembangan dengan melakukan validasi ke ahli materi dan ahli media dengan hasil kriteria sangat baik, uji coba kelompok kecil, besar dan luas memperoleh kriteria sangat baik, dengan kata lain buku digital dapat meningkatkan kesadaran sejarah, sehingga diperoleh bentuk final buku digital. 3) Hasil Uji efektivitas buku digital menunjukkan uji angket kesadaran sejarah dengan nilai signifikansi 0,000 < 0>

×
Penulis Utama : Meli Febriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S862002009
Tahun : 2023
Judul : PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL TRANSFORMASI MELAYU ISLAM DI KOTA JAMBI PADA MASA KOLONIAL
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Buku Digital, Transformasi Melayu Islam di Kota Jambi Pada Masa Kolonial, Kesadaran Sejarah Lokal, PBL
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i3
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.
2. Dr. Musa Pelu, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
2. Dr. Hieronymus Purwanta, M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.