Penulis Utama : Harum Ika Praningrum
NIM / NIP : B0218024
×

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui representasi identitas perempuan yang dihadirkan oleh Pramoedya Ananta Toer dalam teks Bumi Manusia (1980). Alasan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana dampak dari pengalaman kolonialisme di dunia Timur berpengaruh terhadap perempuan Timur dikonstruksi dari perspektif pengarang dan kelompok sosial yang diwakilinya.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hubungan Pramoedya Ananta Toer dan wacana kolonial, (2) Seperti apakah Pramoedya Ananta Toer menghadirkan subjek perempuan dalam novel Bumi Manusia (1980), (3) Subjek perempuan yang mana yang dihadirkan Pramoedya Ananta Toer dalam konteks wacana kolonialisme. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) mendeskripsikan hubungan Pramoedya Ananta Toer dan wacana kolonial, (2) mengetahui cara Pramoedya Ananta Toer menghadirkan subjek perempuan dalam novel Bumi Manusia (1980), (3) mengetahui subjek perempuan yang dihadirkan Pramoedya Ananta Toer dalam konteks wacana kolonialisme.

Data primer penelitian ini yaitu isi dan gagasan teks yang berkaitan dengan perempuan dan wacana kolonial. Adapun data sekundernya ialah latar genetik, sosiologis, dan ideologis Pramoedya tentang perempuan dan wacana kolonial. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Teknik interpretasi data dilakukan dengan pendeskripsian Pramoedya Ananta Toer dan wacana kolonial, pembacaan oposisi biner untuk mengetahui subjek perempuan yang dihadirkan pengarang. Hasil pembacaan pertama dan kedua dilakukan interpretasikan ulang melalui pembacaan dialektik antara subjek perempuan, wacana kolonial, dan pengarang untuk mengetahui subjek perempuan yang dihadirkan pengarang dalam konteks wacana kolonial.

Berdasarkan hasil analisis data ditemukan simpulan yaitu, (1) Pramoedya Ananta Toer sebagai pengarang dan wakil kelompoknya menolak kolonialisme Barat dan menganggap budaya feodal Jawa sebagai kepanjangan tangan dari kolonialisme, (2) subjek perempuan yang dihadirkan Pramoedya menguatkan wacana perjuangan perempuan yang dijajah untuk mendapat keadilan, (3) dalam konteks wacana kolonial, subjek perempuan yang dihadirkan ialah perempuan yang turut andil dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia.

×
Penulis Utama : Harum Ika Praningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0218024
Tahun : 2022
Judul : Representasi Identitas Perempuan dalam Novel Bumi Manusia (1980) Karya Pramoedya Ananta Toer: Kajian Kritik Sastra Feminisme Pascakolonial
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Sastra Indonesia - B0218024 - 2022
Kata Kunci : Pramoedya Ananta Toer, subjek perempuan, wacana kolonial
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dwi Susanto, M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Trisna Kumala Satya Dewi, M.S.
2. Rianna Wati, S.S., MA.
3. Dr. Dwi Susanto, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.