Penulis Utama : Tri Aswuri Juniarti
NIM / NIP : H0717140
×

POTENSI HASIL, KADAR ANTOSIANIN, AMILOSA DAN SERAT PADI HITAM CEMPO IRENG HASIL IRADIASI SINAR GAMMA. Skripsi: Tri Aswuri Juniarti (H0717140). Pembimbing: Bambang Pujiasmanto, Supriyono. Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas maret (UNS) Surakarta.
 Padi hitam secara alami memiliki kandungan senyawa yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Padi hitam saat ini mulai banyak dikonsumsi oleh masyarakat, namun masih jarang diproduksi oleh petani karena memiliki kelemahan seperti umur tanaman yang panjang, habitusa tanaman tinggi, dan produksi yang rendah.  Permasalahan ini mendorong pemulia tanaman untuk melakukan perbaikan mutu pada padi hitam  dengan cara iradiasi sinar gamma. Hasil penelitian ini diharapkan dapat diperoleh varietas padi hitam yang memiliki potensi hasil dan kandungan senyawa bermanfaat yang tinggi.
Penelitian dilaksanakan di lahan sawah Desa Pakahan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah dari Bulan Januari 2020 hingga Juni 2020. Tanaman ditanam dengan sistem jajar legowo dengan penataan ditata secara sejajar. Percobaan penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor tunggal yang terdiri enam galur harapan (8,13,44,46,51,52) dan padi hitam cempo ireng tanpa iradiasi sebagai pembanding (kontrol). Tiap galur dipilih sebanyak 30 sampel dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji T dan uji deskriptif. Variabel yang diamati diantaranya tinggi tanaman, panjang malai, umur berbunga, umur panen, jumlah gabah per malai, jumlah anakan produktif, berat 1000 biji, berat gabah per rumpun, produktivitas per hektar, kadar antosianin, amilosa dan serat. Uji kadar antosianin, amilosa dan serat dilakukan di Laboratorium Chem-Mix Pratama Desa Jambidan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukkan tanaman padi hitam hasil iradiasi memiliki potensi hasil yang lebih rendah dibandingkan dengan tanaman kontrol. Kadar amilosa dan serat tanaman mutan lebih baik dibanding tanaman kontrol, sedangkan kadar antosianin tanaman mutan lebih rendah dibanding dengan tanaman kontrol.

×
Penulis Utama : Tri Aswuri Juniarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0717140
Tahun : 2023
Judul : Potensi Hasil, Kadar Antosianin, Amilosa dan Serat Padi Hitam Cempo Ireng Hasil Iradiasi Sinar Gamma
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2023
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Antosianin, Iradiasi, Padi Hitam
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, M. S.
Penguji : 1. Prof. Dr. Ir. Supriyono, M. S.
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.