Penulis Utama : Teguh Saryanto
NIM / NIP : S852002022
×

The Partnership for 21st Century Skills mengidentifikasi bahwa keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan untuk menyiapkan siswa di jenjang pendidikan dan di dunia kerja. Siswa dengan tingkat berpikir kritis yang baik akan menyelesaikan soal dengan langkah-langkah berpikir kritis, walau langkah yang dilakukan belum sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan proses pengembangan bahan ajar materi bangun ruang sisi datar berdasarkan model Van Hiele berbantuan aplikasi GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik, dan 2) menjelaskan hasil pengembangan bahan ajar materi bangun ruang sisi datar berdasarkan model Van Hiele berbantuan aplikasi GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik jika dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Surakarta. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IX pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan tahapan penelitian pengembangan Borg dan Gall dengan tiga tahapan utama yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk, dan pengujian produk. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis kemudian dianalisis melalui t-test. Pada uji keefektifan produk, digunakan penelitian pretest-postest control group design dengan membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Bahan ajar materi bangun ruang sisi datar berdasarkan model Van Hiele dan berbantuan aplikasi GeoGebra telah berhasil dikembangkan menggunakan tahapan penelitian pengembangan Borg dan Gall; (2) Bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik ditinjau dari kelayakan kualitas isi/materi, penyajian, bahasa, model Van Hiele, dan kegrafikan; (3) Bahan ajar materi bangun ruang sisi datar berdasarkan model Van Hiele dan berbantuan aplikasi GeoGebra efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hasil uji-t satu ekor diperoleh nilai t_obs= 3,708  dan daerah kritis DK={t?t> 1,671}. Hal tersebut mengindikasikan bahwa rerata kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan bahan ajar model Van Hiele berbantuan aplikasi GeoGebra lebih baik daripada tanpa menggunakan bahan ajar tersebut.

 

×
Penulis Utama : Teguh Saryanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S852002022
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Model Van Hiele Dan Berbantuan Aplikasi GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Van Hiele, GeoGebra, berpikir kritis
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://doi: 10.2991/assehr.k.211122.036.
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sri Subanti, M.Si
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si
Penguji : 1. Prof. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Laila Fitriana, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.