Penulis Utama : Vindita Anggraeni
NIM / NIP : F0219137
×

Proyek Kuliah Kerja Nyata Tematik merupakan salah satu Program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang merupakan bentuk dari rasa kepedulian sosial mahasiswa dan bentuk pengabdian secara langsung kepada masyarakat. Pelaksanaan dari Kuliah Kerja Nyata Tematik menggandeng institusi pemerintah yaitu Pemerintah Kelurahan Desa Murtigading, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kelurahan Murtigading merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki jumlah penduduk 7529 jiwa (berdasarkan data statistik penduduk D.I.Yogyakarta). Mayoritas masyarakat di Desa Murtigading mengalami penurunan pendapatan sebagai akibat dari pandemi Covid-19. Hal ini tentunya menimbulkan dampak yang kompleks di masyarakat, seperti dampak sosial, dampak pendidikan, serta dampak ekonomi. Langkah guna mengurangi dan mengantisipasi dampak yang ditimbulkan yaitu masyarakat yang memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melakukan inovasi pada produk yang dihasilkan.
Dalam pelaksanaan MBKM Proyek di desa, salah satu program yang dilakukan adalah tes pasar kue adrem yang merupakan kue khas Bantul. Tes pasar ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan kue adrem ke masyarakat umum serta melakukan inovasi baru terhadap kue adrem. Tes pasar dilakukan dengan menyebarkan kuesioner di tiga wilayah berbeda yaitu Kota Yogyakarta, Kota Klaten dan Kota Surakarta. 

Tes pasar kue adrem yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak masyarakat yang telah mengenal kue adrem sebagai kue khas Bantul. Kuesioner berperan sebagai metode pengumpulan data yang terdiri dari lima aspek pernyataan yang terdiri dari aspek tes rasa, aspek tes performa rasa, tes harga, tes afektif, dan tes konatif. Hasil jawaban responden melalui kuesioner yang disebar, diolah untuk menghasilkan suatu kesimpulan yang dijadikan bahan evaluasi dan peningkatan kue adrem di masa yang akan datang. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk membantu UMKM kue adrem dalam menciptakan kue adrem yang memiliki nilai jual yang tinggi dengan pangsa pasar yang semakin luas dengan cara memberikan pemahaman kepada pembuat kue adrem tentang bagaimana caranya melakukan pengembangan produk kue adrem serta sistem pemasaran yang inovatif melalui digital marketing. Sehingga permintaan pasar akan produk kue adrem juga semakin meningkat. Peningkatan penjualan produk kue adrem ditandai dengan sikap positif dan niat pembelian berbagai sumber dari konsumen yang menjangkau di luar Desa Murtigading.

×
Penulis Utama : Vindita Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0219137
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA STRATEGI DIGITAL MARKETING GUNA MEMBANTU MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SERTA MULTICHANNEL PURCHASE INTENTION PRODUK KUE ADREM
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2023
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kelurahan Murtigading, kuliah kerja nyata tematik, tes pasar, inovasi, digital marketing
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. PROF. DR. BUDHI HARYANTO M.M
Penguji : 1. DRS. DJOKO PURWANTO M.BA
2. DRS. DWI HASTJARJA KUSTIJANA B M.M
3. PROF. DR. BUDHI HARYANTO M.M
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.