Penulis Utama : Febi Nur Aini Wijaya
NIM / NIP : K3317030
×

Febi Nur Aini Wijaya. K3317030. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERUPA CHEMISTRY DIGITAL SHORT COMIC PADA MATERI BENTUK MOLEKUL. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu  Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran chemistry digital short comic sebagai media pembelajaran kimia pada materi bentuk molekul, (2) membuktikan hasil uji kelayakan di SMA Negeri 1 Manggar terkait chemistry digital short comic sebagai media pembelajaran kimia pada materi bentuk molekul. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tiga tahap awal, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), dan pengembangan (development). Validasi media  chemistry digital short comic dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Uji coba terbatas dilakukan kepada dua guru kimia dan 20 siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manggar. Teknik pengumpulan data berupa wawancara (interview) dan angket (kuisioner) dengan skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) media  pembelajaran chemistry digital short comic sebagai media pembelajaran kimia untuk materi bentuk molekul sudah berhasil dikembangkan. (2) Hasil uji kelayakan media pembelajaran chemistry digital short comic pada materi bentuk molekul di SMA Negeri 1 Manggar  memperoleh kriteria sangat layak. Persentase keidealan hasil validasi oleh ahli materi 91,7% dan ahli media 96,88% dengan ketegori sangat layak. Penilaian oleh guru memperoleh persentase keidealan 85,71% pada aspek materi dan 84,38% pada aspek media dengan kategori sangat layak. Adapun uji coba terbatas terhadap 20 siswa memberikan persentase keidealan 88,44% dengan kategori sangat layak. 
Kata kunci: research and development (R&D), chemistry digital short comic, bentuk molekul, analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), uji kelayakan.

×
Penulis Utama : Febi Nur Aini Wijaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3317030
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berupa Chemistry Digital Short Comic pada Materi Bentuk Molekul
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : research and development (R&D), chemistry digital short comic, bentuk molekul, analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), uji kelayakan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Retno Dwi Ariani, M.Si.
2. Dr. rer. nat. Sri Mulyani, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Elfi Susanti VH, M.Si.
2. Dr. Sri Yamtinah, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.