Penulis Utama : Afra Lathifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S812008001
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Media Game-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Pada Pembelajaran Informatika Madrasah Tsanawiyah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses pembelajaran Informatika sebelum menggunakan media game-based learning di Madrasah Tsanawiyah Kota Jambi; 2) mengembangkan media game-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi di Madrasah Tsanawiyah Kota Jambi; 3) mendeskripsikan keefektifan media game-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasi pada pembelajaran Informatika Madrasah Tsanawiyah Kota Jambi.

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Ada lima proses dari model ADDIE berdasarkan akronim: A untuk tahap analisis, D untuk tahap desain; D untuk tahap pengembangan, I untuk tahap implementasi media, dan E untuk tahap evaluasi yang menguji keefektifan.

Simpulan dalam penelitian ini yaitu: 1) proses pembelajaran Informatika yang selama ini diimplementasikan pada MTs Negeri di Kota Jambi berlangsung menggunakan metode konvensional, guru mengandalkan buku lembar kerja siswa (LKS) atau tidak ada variasi media pembelajaran, serta ditemukannya kemampuan berpikir komputasi siswa yang masih rendah; 2) Pengembangan media yang dilakukan dengan bantuan software menghasilkan prototipe awal produk yang kemudian dilakukan validasi oleh para ahli media, materi, dan pembelajaran. Penilaian dari keseluruhan para ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis game yang dikembangkan mendapatkan kategori “Sangat Baik” dengan nilai sebesar 4.38. Kelayakan prototipe yang diuji cobakan kepada siswa juga menunjukkan rata-rata hasil penilaian sebesar 3.92 dengan kategori “Baik”; 3) Media game-based learning efektif meningkatkan berpikir komputasi siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji statistik yang diperoleh taraf signifikansi sebesar 0.000 (pvalue < 0>. Rata-rata nilai N-gain atau peningkatan siswa berada pada kategori sedang dengan nilai sebesar 0,53 yang menyebabkan sikap berpikir komputasi siswa juga menunjukkan peningkatan pada lima komponen (abstraksi, dekomposisi, generalisasi, algoritma, dan evaluasi).

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asrowi, M.Pd
2. Dr. Agus Efendi, M.Pd
Catatan Umum : -
Fakultas : Pascasarjana