Penulis Utama : Laila Ifrochatu Chasanah
NIM / NIP : K3118045
× Pergeseran komunikasi interpersonal melalui tatap muka menjadi komunikasi melalui media sosial menjadi hal penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat intensitas penggunaan media sosial pada peserta didik kelas XII di SMA Negeri 1 Wonosobo, (2) mendeskripsikan tingkat keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik kelas XII di SMA Negeri 1 Wonosobo dan (3) menganalisis pengaruh antara intensitas penggunaan media sosial terhadap keterampilan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas XII di SMA Negeri 1 Wonosobo. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII di SMA Negeri 1 Wonosobo dengan sampel sebanyak 180 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket intensitas penggunaan media sosial dan skala keterampilan komunikasi interpersonal.  Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif untuk melihat tingkat intensitas penggunaan media sosial, keterampilan komunikasi interpersonal serta statistik inferensial menggunakan analisis regresi untuk menganalisis pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap keterampilan komunikasi interpersonal. 

Hasil penelitian menunjukkan tingkat intensitas penggunaan media sosial dalam kategori sedang atau sebanyak 122 (68%) peserta didik dan keterampilan komunikasi interpersonal juga menunjukkan kategori sedang atau sebanyak 118 (65%) peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan antara intensitas penggunaan media sosial memiliki pengaruh sebesar 20,3% terhadap keterampilan komunikasi interpersonal. . Nilai signifikansi intensitas penggunaan media sosial terhadap keterampilan komunikasi interpersonal sebesar Thitung –(6.739) > Ttabel  (1,973), yang berarti intensitas penggunaan media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan komunikasi interpersonal.  Kesimpulan penelitian ini adalah intensitas penggunaan media sosial dapat memengaruhi keterampilan komunikasi interpersonal.  Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian pada jenjang yang berbeda serta dapat menjelaskan seberapa besar aspek-aspek tersebut berpengaruh.

×
Penulis Utama : Laila Ifrochatu Chasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3118045
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Peserta Didik SMA Kelas XII SMA Negeri 1 Wonosobo
Edisi :
Imprint : UNS - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : intensitas; keterampilan; komunikasi interpersonal; dan penggunaan media sosial
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ma’rifatin Indah Kholili, M.Pd.
2. Citra Tectona Suryawati, M.Pd.
Penguji : 1. Prof. Dr. Asrowi, M.Pd.
2. Agus Tri Susilo, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum : tidak ada DOI
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.