Penulis Utama : Jihan Farah Fauzia
NIM / NIP : K3118041
×

Jihan Farah Fauzia. K3118041. STUDI KEPUSTAKAAN PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP ADAPTABILITAS KARIER PESERTA DIDIK. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2023.

Peran dukungan sosial untuk memfasilitasi dan menunjang adaptabilitas karier peserta didik agar mengalami peningkatan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peran sumber dukungan sosial terhadap adaptabilitas karier peserta didik; (2) mendeskripsikan bentuk dukungan sosial yang dapat mempengaruhi adaptabilitas karier peserta didik; serta (3) mendeskripsikan pengaruh dukungan sosial terhadap adaptabilitas karier peserta didik SMA/SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Sumber data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yang terdiri dari 18 bahan pustaka yang relevan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi (analisis dokumen). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) sumber dukungan sosial sosial seperti keluarga, guru, teman, dan orang terdekat lainnya berperan penting dan memberikan kontribusi yang positif terhadap adaptabilitas karier peserta didik; (2) bentuk dukungan sosial yang dapat mempengaruhi adaptabilitas karier peserta didik terbagi menjadi empat, diantaranya dukungan emosional, informasi, instrumental, dan persahabatan. Keempat bentuk dukungan tersebut belum tentu semuanya memberikan efek yang signifikan dalam mempengaruhi adaptabilitas karier, namun bentuk dukungan tersebut dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing individu agar mampu mendapatkan hasil yang optimal; (3) dukungan sosial terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap adaptabilitas karier peserta didik SMA/SMK baik secara langsung maupun tidak langsung, namun apabila peserta didik sudah memiliki adaptabilitas karier yang tinggi dan persepsi dukungan sosial orang tua dalam mencapai tujuan karier masih rendah, dukungan sosial tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap adaptabilitas karier.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas, menunjukkan bahwa bentuk-bentuk dukungan sosial dari orang-orang di sekitar peserta didik berperan penting dan berpengaruh signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap adaptabilitas karier. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pijakan dalam melakukan penelitian selanjutnya yang berfokus membahas dukungan sosial guna meningkatkan adaptabilitas karier peserta didik.

×
Penulis Utama : Jihan Farah Fauzia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3118041
Tahun : 2023
Judul : STUDI KEPUSTAKAAN PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP ADAPTABILITAS KARIER PESERTA DIDIK
Edisi :
Imprint : UNS - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Dukungan sosial, adaptabilitas karier, peserta didik.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ulya Makhmudah, M.Pd.
2. Citra Tectona Suryawati, M.Pd.
Penguji : 1. Prof. Dr. Asrowi, M.Pd.
2. Agus Tri Susilo, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.