Penulis Utama : Hendrig Joko P
NIM / NIP : T861908013
×

ABSTRAK
Hendrig Joko Prasetyo, T861908013. Model Latihan Teknik Bermain Goalball Berbasis Penguatan Persepsi Kinestetik Pada Atlet Tunanetra (Studi Pengembangan pada Atlet Asean Paragames). Disertasi. Promotor : Prof. Dr. Sugiyanto Ko-Promotor I : Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. Ko-Promotor II : Dr. Rony Syaifullah, M.Pd. Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2023.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan model latihan teknik bermain goalball berbasis penguatan persepsi kinestetik bagi atlet tunanetra dan menguji efektivitas model latihan teknik bermain goalbal berbasis penguatan kinestetik bagi atlet tunanetra yang telah dikembangkan.
Metode yang di gunakan adalah penelitian dan pengambangan latihan teknik melempar dan mengeblok ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet tunanetra yang berlatih di pelatnas goalball ASEAN Paragames. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara mengembangkan instrument melempar dan blok dalam permainan goalball pada atlet tunanetra. Data yang diperoleh pada saat analisis kebutuhan, validasi ahli, dan uji coba dalam kegiatan pengembangan ini berupa data kualitatif (hasil observasi dan saran/masukan) dan data kuantitatif (hasil angket dan hasil uji efektivitas).
Hasil penelitian dan pengembangan pada model latihan ini dihasilkan beberapa hal sebagai berikut: (1) perlu adanya pengembangan model latihan bermain goalball berbasis penguatan kinestetik untuk atlet tunanetra; (2) Model latihan bermain goalball berbasis penguatan kinestetik bagi atlet tunanetra. (3) Berdasarkan hasil uji coba terhadap model latihan melempar dan blok pada permainan goalball berbasis penguatan persepsi kinestetik model latihan yang dikembangkan valid dan layak digunakan, pada uji coba kelompok kecil hasilnya adalah 97%, sedangkan pada uji coba kelompok besar diperoleh hasil 97,06%; (4) Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara sebelum dan sesudah perlakukan dengan memberikan program latihan melempar dan blok untuk teknik dasar goalball berbasis penguatan persepsi kinestetik, dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0> 

×
Penulis Utama : Hendrig Joko P
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T861908013
Tahun : 2023
Judul : MODEL LATIHAN TEKNIK BERMAIN GOALBALL BERBASIS PENGUATAN PERSEPSI KINESTETIK PADA ATLET TUNANETRA(Studi Pengembangan pada Atlet Asean Paragames)
Edisi :
Imprint : Sirakarta - Fak. Keolahragaan - 2023
Program Studi : S-3 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Goalball, Kinestetik, Tunanetra, Latihan.
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.
3. Dr. Rony Syaifullah, S.Pd..M.Pd.
Penguji : 1. Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H.M.Hum.
2. Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.