Penulis Utama : Niken Nurmalitasari Susanto
NIM / NIP : I8319016
×

Niken Nurmalitasari Susanto, Nawasta Weningtyas Wiyoto. 2023. Laporan Tugas Akhir “Pembuatan Bioplastik dari Ampas Tebu (Bagasse)”, Program Studi Diploma III Teknik Kimia Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.

 

Penggunaan plastik konvensional dalam kehidupan sehari-hari dapat menimbulkan masalah seperti pencemaran lingkungan, yaitu penumpukan sampah. Pencemaran lingkungan akibat sampah plastik menjadi masalah besar karena plastik dibuat dari bahan yang sulit terurai, sehingga untuk mengatasi banyaknya sampah plastik diperlukan adanya inovasi pembuatan plastik yang mudah terurai (biodegradable). Plastik mudah terurai (biodegradable) dapat dibuat dari selulosa. Selulosa mudah ditemukan dalam serat tumbuhan. Limbah ampas tebu dari pedagang es tebu dapat dimanfaatkan menjadi salah satu bahan pembuatan bioplastik. Pengolahan limbah ampas tebu tersebut mampu mengurangi jumlah limbah organik, sehingga pembuatan bioplastik dari ampas tebu ini mampu menyelesaikan masalah limbah ampas tebu serta mengurangi limbah plastik. Tugas akhir ini ditujukan untuk membuat inovasi plastik biodegradasi pengganti plastik konvensional dengan melakukan uji ketahanan air dan minyak, serta uji kuat tarik sebagai pembungkus makanan berminyak.

Pembuatan bioplastik ini menggunakan ampas tebu, kitosan, dan gliserol. Ampas tebu dibuat menjadi bubur pulp dengan metode chemical pulping dengan proses soda. Bubur pulp yang sudah dihaluskan kemudian dimasukkan ke dalam larutan kitosan dan asam asetat serta gliserol yang sudah dicampur. Campuran bioplastik kemudian dicetak membentuk lembaran dan dikeringkan.

Hasil bioplastik yang sudah dikeringkan kemudian diuji FTIR, uji kuat tarik, dan uji biodegradasi, serta uji ketahanan air dan minyak. Bioplastik yang terbentuk mempunyai sifat fisis bening sedikit keruh, elastis dan tidak mudah patah dengan modulus elastisitas bioplastik tertinggi sebesar 33,36%. Uji biodegradasi pada penimbunan dalam tanah kering diperoleh hasil persen penurunan berat tertinggi dan terendah yaitu sebesar 22% dan 8%, sedangkan untuk tanah basah yaitu 100% dan 33%. Uji ketahanan air persen swelling air tertinggi adalah 100%, sedangkan untuk persen swelling minyak tertinggi sebesar 7%.

Hasil evaluasi ekonomi menunjukkan bahwa total ongkos produksi untuk pembuatan bioplastik 14.400 lembar/bulan adalah Rp 180.678.783,72. Bioplastik yang dihasilkan memiliki dua ukuran yaitu 2.400 lembar/bulan dengan ukuran 20×20 cm, dan 12.000 lembar/bulan dengan ukuran 5×15 cm. Bioplastik dengan ukuran 20×20 cm dijual dengan harga Rp 119.200,00 perkemasan, sedangkan untuk ukuran 5×15 cm dijual Rp 42.500,00 perkemasan, di mana setiap kemasan berisi 50 lembar bioplastik. ROI penjualan sesudah pajak sebesar 50%, dengan POT sesudah pajak 2 tahun serta BEP sebesar 59%.

 

×
Penulis Utama : Niken Nurmalitasari Susanto
Penulis Tambahan : 1. Nawasta Weningtyas Wiyoto
2.
NIM / NIP : I8319016
Tahun : 2023
Judul : Pembuatan Bioplastik dari Ampas Tebu (Bagasse)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Teknik Kimia Produksi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Bioplastik dari Ampas Tebu, Chemical Pulping, Uji FTIR, Uji Biodegradasi
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Inayati, S.T., M.T., Ph.D.
Penguji : 1. Muhammad Iqbal Al Fuady, S.T., M.Eng.
2. Himmah Sekar Eka Ayu Gustiana, S.T., M.Eng.
Catatan Umum : tidak ada DOI/ (1)
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.