Penulis Utama : Vira Pratiwi
NIM / NIP : K1218076
×

ABSTRAK

Vira Pratiwi ANALISIS KONFLIK SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BERJUDUL RAUMANEN KARYA MARIANNE KATOPPO SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan konflik sosial dalam novel Raumanen karya Marianne Katoppo, (2) Mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Raumanen karya Marianne Katoppo, (3) Mendeskripsikan relevansi konflik sosial dan nilai pendidikan karakter pada novel Raumanen karya Marianne Katoppo sebagai materi ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini adalah sosiologi sastra dengan metode desktiptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa dokumen yaitu novel Raumanen karya Marianne Katoppo sebanyak 135 halaman dan terdapat dua informan yaitu guru Bahasa Inonesia SMA Negeri 1 Talun. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis dokumen dan wawancara secara mendalam. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis mengalir. 

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, Pertama, konflik sosial dalam novel Raumanen karya Marianne Katoppo yaitu konflik antarkelas sosial sejumlah 2 data, konflik antarkelompok sejumlah 2 data, konflik antarindividu sejumlahh 14 data, konflik antargenerasi sejumlah 10 data, dan konflik status dan peran sosial sejumlah 4 data. Kedua, 17 nilai pendidikan karakter dalam novel Raumanen karya Marianne Katoppo yaitu religius, jujur, toleransi, kerja keras, disiplin, demokratis, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, cinta damai, gemar membaca, tanggung jawab, dan peduli sosial total sejumlah 91 data. Oleh karena itu di era revolusi industri yang semakin canggih dan modern, diperlukan penanaman pendidikan karakter agar peserta didik tidak hanya diberikan pemahaman terkait ilmu pengetahuan tetapi juga bimbingan untuk dapat terwujud karakter yang sesuai dengan budi pekerti dan luhur. Ketiga, novel Raumanen karya Marianne Katoppo dapat dijadikan salah satu referensi pembelajaran sastra novel yang relevan di SMA,  sesuai dengan silabus dan KD yang berlaku di SMA, khususnya pada kelas XII.

×
Penulis Utama : Vira Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1218076
Tahun : 2023
Judul : Analasis Konflik Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Berjudul Raumanen Karya Marianne Katoppo serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : bahasa Indonesia; konflik sosial; materi ajar; novel; dan pendidikan karakter
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, M.Hum.
2. Dr. Nugraheni E.W., M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Dr. M. Rohmadi, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.