Penulis Utama : Fatimah Nida Uljannah
NIM / NIP : K3116024
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototipe 1 panduan perencanaan individual: bidang karier dengan teknik self-monitoring dan self-recording pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang siap diuji validitas, keefektifan,dan kepraktisannya.
Penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg and Gall (1982) yang dimodifikasi dengan pendapat Nieveen (2013). Hasil modifikasi tersebut menghasilkan sembilan tahapan penelitian dan pengembangan. Peneliti hanya melakukan sampai pada tahap ketiga yaitu pengembangan produk awal (prototipe-1). Pada tahap pertama peneliti melakukan studi pendahuluan melalui kajian empiris dan kajian teoritis. Pada kajian empiris dilakukan analisis dokumen hasil penelitian tentang tingkat kebutuhan dan kepentingan layanan pengembangan bidang akademik, pribadi sosial, karier, dan spiritual-religiusitas, wawancara pada guru BK, dan analisis dokumen program BK. Pada kajian teoritis dilakukan pengkajian pada sumber-sumber terpercaya mengenai perencanaan individual, teknik self-monitoring, dan teknik self-recording. Tahap kedua yaitu penyusunan rencana penelitian, pada tahap ini peneliti membuat perencanaan mengenai desain buku panduan dan desain LKS.
Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa prototipe 1 Buku Panduan Perencanaan Individual dengan Teknik Self-Monitoring dan Self-Recording pada  siswa SMP bagi Guru BK dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Perencanaan Individual dengan Teknik Self-Monitoring dan Self-Recording bagi siswa.
Implikasi dari penelitian ini yaitu hasil penelitian dan pengembangan ini berupa prototipe-1 panduan perencanaan individual dengan teknik self-monitoring dan self-recording yang belum dilakukan uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan sehingga peneliti selanjutnya perlu melakukan ketiga uji tersebut agar dapat diaplikasikan di sekolah. Guru BK disarankan dapat memanfaatkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah siap digunakan sebagai dasar pelaksaan layanan perencaan individual kepada siswa.

Kata Kunci: panduan, perencanaan individual, teknik self-monitoring dan self-recording.

 

×
Penulis Utama : Fatimah Nida Uljannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116024
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Panduan Perencanaan Individual: Bidang Karier dengan Teknik Self-Monitoring dan Self-Recording pada Siswa SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3116024
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd.
2. Ulya Makhmudah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.