Penulis Utama : Hapsari Cahyaningrum
NIM / NIP : S022108020
×

Hapsari Cahyaningrum. S022108020. 2023. Meta Analisis Efek Aktivitas Fisik untuk Mencegah Excessive Gestational Weight Gain dan Gestational Diabetes Mellitus pada Wanita Hamil dengan Berat Badan Lebih Dan Obesitas. Tesis. Pembimbing 1: Prof. Dr. Didik Tamtomo, dr., M.Kes., MM., PAK. Pembimbing 2: Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D. Sekolah Pasca Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta
ABSTRAK
Latar belakang masalah: Prevalensi wanita dengan berat badan lebih dan obesitas terus meningkat setiap tahun. Berat badan lebih dan obesitas dapat menimbulkan komplikasi dalam kehamilan seperti Excessive gestational weight gain (EGWG) dan Gestational diabetes mellitus (GDM). Intervensi aktivitas fisik menjadi pilihan untuk mencegah EGWG dan GDM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efek intervensi aktivitas fisik untuk menurunkan EGWG dan GDM.
Subjek dan metode: Peneltian ini menggunakan desain penelitian meta analisis dengan mengikuti panduan PRISMA. Pertanyaan penelitian dirumuskan dalam akronim PICO. Populasi adalah wanita hamil dengan Body Mass Index (BMI) > 25 kg/m2. Intervensi yang digunakan adalah aktivitas fisik terukur. Comparasi tanpa aktivitas fisik terukur, dengan Outcome EGWG dan GDM. Pencarian artikel dilakukan melalui data base PubMed, Cochrane Library, Scopus Database and PEDro yang diterbitkan mulai tahun 2011 hingga 2020. Pencarian artikel menggunakan kata kunci: “pregnancy” OR “pregnant woman” AND “obese” OR “overweight” AND “excessive gestational weight gain” OR “gestational weight gain” OR “weight gain” AND “gestational diabetes melitus” OR “gestational diabetes” AND “exercise” OR “antenatal exercise” OR “physical activity”. Artikel yang masuk dalam kriteria adalah artikel dalam bentuk full text dengan desain study Randomized Control Trial (RCT). Penilaian kualitas studi dilakukan dengan Cochrane Collaboration’s Tool for Assessing Risk of Bias dan artikel akan dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.4.
Hasil: Total 10 artikel dianalisis dalam penelitian ini berasal dari negara Asia, Eropa, Australia dan Amerika dengan total sampel 2,086. Hasil meta analisis menunjukkan wanita hamil dengan berat badan lebih dan obesitas yang melakukan aktivitas fisik terukur tidak mengalami berubahan berat badan dibandingkan dengan yang tidak melakukan aktivitas fisik (SMD= 0.03; CI 95%= 0.17 hingga 0.73; p = 0.770).  Namun wanita hamil dengan berat badan lebih dan obesitas yang melakukan aktivitas fisik terukur mengalami perubahan kadar gula puasa dibandingkan dengan yang tidak melakukan aktivitas fisik tidak terukur (SMD = 0.20; CI 95% = 0.30 hingga 0.10; p = 0.001)
Kesimpulan: Hasil penelitian ini menyatakan intervensi aktivitas fisik efektif menurunkan GDM tetapi tidak untuk EGWG pada wanita hamil dengan berat badan lebih dan obesitas

Kata kunci: Aktivitas fisik, Excessive Gestational Weight Gain, Gestational Diabetes Mellitus, Wanita hamil dengan berat badan lebih dan obesitas, Meta analisis.

 

×
Penulis Utama : Hapsari Cahyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S022108020
Tahun : 2023
Judul : Meta-analisis Efek Aktifitas Fisik untuk Menurunkan Excessive Gestational Weight Gain dan Gestational Diabetes Mellitus pada Wanita Hamil dengan Berat Badan Lebih dan Obesitas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Aktivitas fisik, Excessive Gestational Weight Gain, Gestational Diabetes Mellitus, Wanita hamil dengan berat badan lebih dan obesitas, Meta analisis.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Didik Tamtomo, dr., M.Kes., MM., PAK., Sp.DLP
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., MSc., PhD
Penguji : 1. Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr., M.Kes
2. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.