Penulis Utama : Kintan Priscilla Dewayanti
NIM / NIP : O0118061
×

Kintan  Priscilla Dewayanti. O0118061. PEMBINAAN PRESTASI EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRI SMK NEGERI 2 KOTA BLITAR TAHUN 2019-2022. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2023.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; (1) Pembinaan prestasi ekstrakurikuler bolavoli putri SMK Negeri 2 Kota Blitar, (2) Program latihan yang diberikan siswi ekstrakurikuler bolavoli SMK Negeri 2 Kota Blitar, (3) Peran Kepala Sekolah dalam membantu pembinaan prestasi ekstrakurikuler bolavoli putri SMK Negeri 2 Kota Blitar, (4) Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan ekstrakurikuler bolavoli SMK Negeri 2 Kota Blitar.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, pelatih dan siswi ekstrakurikuler bolavoli SMK Negeri 2 Kota Blitar. Pada penelitian ini dikaji tentang pembinaan, program latihan, peran kepala sekolah, kendala dalam ekstrakurikuler bolavoli putri SMK Negeri 2 Kota Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik; (1) Observasi atau pengamatan, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Kesimpulan: Tim ekstakurikuler bolavoli SMK Negeri 2 Kota Blitar telah menerapkan pembinaan secara sistematis menurut unsur-unsur pembinaan itu sendiri yaitu pemassalan, pembibitan, dan prestasi. Karena pelatih mampu melakukan pembinaan prestasi dalam berlatih maupun di dalam lapangan. Selain pembinaan itu sendiri ada tahap lain dari pembinaan seperti program latihan yang dijalankan ekstrakurikuler bolavoli putri SMK Negeri 2 Kota Blitar sudah cukup baik, Latihan yang diberikan adalah latihan biasa sehari-hari dan terprogram dalam jangka pendek, menegah maupun panjang. Serta periodesasi latihan yang juga dipersiapkan sebelum pertandingan tertentu. Akan tetapi memiliki kekurangan dalam pembagian waktu dalam tahap program latihan yang belum tersusun dengan baik, hanya tahap persiapan yang secara teori sudah sesuai. Kemudian kepala sekolah atau pihak sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam mempersiapkan fasilitas, dana, dll. Hanya saja kurangnya apresiasi dari sekolah terhadap siswa yang berprestasi. Terakhir kendala yang dihadapi selama ekstrakurikuler bolavoli tidak banyak, hanya lapangan outdoor ketika musim hujan latihan akan terganggu dan kurangnya kedisiplinan siswi seperti sering terlambat dan sering tidak hadir disaat jam kegiatan berlangsung . 

 

×
Penulis Utama : Kintan Priscilla Dewayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0118061
Tahun : 2023
Judul : SURVEY PEMBINAAN PRESTASI EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRI SMK NEGERI 2 KOTA BLITAR TAHUN 2019-2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Bolavoli, Pembinaan Prestasi, Program Latihan, Peran Kepala Sekolah, Kendala
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes
2. Abdul Aziz Purnomo Shidiq, M.Pd
Penguji : 1. Drs. Sunardi, M.Kes
2. Dr. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.