Penulis Utama : Fajar Nur Annisa
NIM / NIP : K1217025
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) ragam bentuk sebagai alat pembentuk kebahasaan baru (kata dan frasa) yang digunakan harian Kompas selama masa pandemi Covid-19; (2) proses pembentukan kebahasaan baru (kata dan frasa) yang digunakan harian Kompas selama masa pandemi Covid-19; dan (3) pemanfaatan analisis bentuk dan proses pembentukan kebahasaan baru (kata dan frasa) yang digunakan harian Kompas selama masa pandemi Covid-19 sebagai materi ajar bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama.
Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif dengan pendekatan analisis isi proses morfologis. Sumber data pertama berupa dokumen harian koran Kompas yang meliputi bentuk dan proses kebahasaan baru. Sumber data kedua berupa informan, yaitu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII dan pakar bahasa Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dengan dua cara yaitu analisis dokumen dan wawancara mendalam. Analisis isi dokumen diperoleh dengan cara simak dan catat, wawancara  digunakan untuk mengumpulkan pendapat dan penguatan dari informan. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan trigulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis mengalir.
Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut: (1) ragam bentuk sebagai alat pembentuk kebahasaan baru sejumah 140 data yang terdiri dari singkatan (25%), akronim (17,9%), kata tunggal (20,7%), kata majemuk (12,9%), dan frasa (23,6%); (2) proses pembentukan kosakata baru yang terdiri dari pola pengekalan suku kata dan angka, konstruksi jenis kata, kategori pemajemukan, dan pengelompokan frasa; (3) hasil analisis kosakata baru ini bermanfaat sebagai materi ajar teks berita karena memenuhi kriteria materi ajar yang baik, yaitu bahasa yang baik, sesuai dengan psikologi siswa umur 13-16 tahun. Selain itu juga sesuai dengan kompetensi dasar 3.2 dan 4.2 yang disampaikan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode jigsaw.

Kata kunci: morfologis, bentuk, proses, harian kompas, materi ajar

 

×
Penulis Utama : Fajar Nur Annisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1217025
Tahun : 2021
Judul : Kosakata Baru pada Pemberitaan Pandemi Covid-19 dan Pemanfataannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP: Analisis Isi Terhadap Koran Kompas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1217025
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.