Penulis Utama : Felani Henrianti Priyono
NIM / NIP : S812108007
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kebutuhan proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal peserta didik kelompok B di TK Kabupaten Karanganyar; 2) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis game based learning dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal peserta didik kelompok B di TK Kabupaten Karanganyar; 3) menguji keefektifan media pembelajaran berbasis game based learning dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal peserta didik kelompok B di TK Kabupaten Karanganyar.

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD). Penelitian menggunakan prosedur pengembangan dari Lee dan Owen yang meliputi lima langkah yaitu assessment/analysis, design, development, implementation, evaluation. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan media berdasarkan skor kriteria, dan analisis tes kemampuan keaksaraan awal.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) peserta didik mengalami kesulitan terkait materi keaksaraan awal, hal tersebut diakibatkkan karena kondisi pembelajaran bersifat satu arah dan tidak melibatkan keaktifan peserta didik, selain itu media yang digunakan juga belum sesuai dengan perkembangan peserta didik, sehingga dibutuhkan pengembangan media pembelajaran yang inovatif, salah satunya adalah media pembelajaran berbasis game based learning; (2) pengembangan media pembelajaran berbasis game based learning menggunakan bantuan aplikasi Smart Apps Creator (SAC) dan model pengembangannya menggunakan model Lee dan Owen. Hasil uji ahli media menunjukkan rerata skor 3,68 dari rentang skor 4 dan ahli materi  menunjukkan skor 3,62 dari rentang skor 4 yang membuktian media pembelajaran berbasis game based learning sangat layak untuk diimplementasikan di kelas; (3) hasil uji keefektifan produk menggunakan uji statistik independent samples t-test membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis game based learning dikategorikan “efektif” dan dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal peserta didik dengan hasil HI: µ1> µ2 yaitu 8,087>1,677. .

×
Penulis Utama : Felani Henrianti Priyono
Penulis Tambahan : 1. Prof. Dr. Leo Agung S, M.Pd
2. Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., M.A
3.
NIM / NIP : S812108007
Tahun : 2023
Judul : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK KABUPATEN KARANGANYAR
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : game, pembelajaran, keaksaraan, anak, awal
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Leo Agung S, M.Pd
2. Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., M.A
Penguji : 1. Penguji 1
2. Penguji 2
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.